18.4 C
New York
Monday, October 7, 2024

Generasi Z Berperan Sukseskan Pilkada Toba dalam Menentukan Pemimpin yang Tepat

Toba, MISTAR.ID

Pemahaman demokrasi yang jujur dan adil di dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat penting diterapkan kepada pemilih pemula atau sering disebut generasi Z.

Terlebih di Pilkada Kabupaten Toba yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Untuk itu, dilaksanakan sosialisasi penyampaian dan penyebarluasan informasi Pilkada Serentak 2024 kepada pemilih pemula (generasi Z) di Aula SMK Negeri Soposurung Balige, Kabupaten Toba oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pada Senin (7/10/24).

Baca juga:TNI-Polri dan ASN Tak Boleh Berpolitik Praktis di Pilkada Toba 2024

Sebagai penyampaian pesan (duta) KPU Toba tentang tahapan pelaksanaan Pilkada, terhadap teman para pelajar di sekolah masing-masing untuk menentukan pemimpin yang memiliki sosok yang dapat membangun Kabupaten Toba ke depannya.

“Termasuk menjadi sosok pembaharuan untuk pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil di tingkat kabupaten, provinsi dan negara ini dimasa mendatang,” kata Faisal Andri selaku Dosen Fisip Universitas Sumatera Utara (USU).

Ketua KPU Toba, Sugar Sibarani berharap generasi Z menjadi pemilih yang partisipasi. Sebab menurutnya, ini menjadi tanggung jawab bersama antara penyelenggara Pemilu, partai politik (parpol), pemerintah dan segenap warga negara Indonesia bersatu padu sesuai kapasitas masing-masing.

“Tujuannya untuk mengantisipasi sikap apatis yang ditunjukkan anak muda dalam pelaksanaan pesta demokrasi, khususnya di Pilkada Toba,” pungkasnya berharap.

Baca juga:Efendi-Murphy Optimis Menang Pilkada Toba 2024 dengan Dukungan Nasdem

Sekitar seratusan peserta, umumnya utusan dari SMK dan SMA se-Kabupaten Toba merasa bersyukur dilaksanakannya sosialisasi pesta demokrasi.

“Sebagai generasi muda, kita semakin memahami hak suara dalam Pilkada dan Pemilu sangat menentukan arah pembangunan suatu daerah,” terang siswa SMKN 1 Sigumpar, Hardimanto.

Dia berjanji akan mensosialisasikan pertemuan ini kepada teman sekolah. Sehingga akan semakin banyak generasi Z memilih sosok calon pemimpin yang memang benar -benar mau membangun Kabupaten Toba, untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. (nimrot/hm16)

Related Articles

Latest Articles