18.9 C
New York
Monday, October 7, 2024

Komitmen Ciptakan TPS Nyaman, KPU Medan Segera Beri Bimtek ke KPPS

Medan, MISTAR.ID

Menanggapi masukan dari DPRD Kota Medan terkait tempat pemilihan suara (TPS) yang nyaman saat Pilkada nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengaku menerima masukan tersebut.

Dalam waktu dekat, KPU Medan akan mengumpulkan seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) guna dilakukan bimbingan teknis (Bimtek).

“Hari ini (Senin) akan keluar hasil seleksi KPPS nya. Setelah itu akan langsung kita lakukan Bimtek dan sampaikan beberapa masukan tersebut,” ujar Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah saat dikonfirmasi mistar.id, Senin (7/10/24).

Mutia mengungkapkan, dalam Pilkada Serentak 2024 ini, jumlah pemilih di setiap TPS nya berjumlah sekitar 400-500 pemilih.

Baca juga: Punya Anggaran Besar, Petugas KPPS Diharapkan Ciptakan TPS yang Nyaman

“Meski begitu, nanti kan pemilih yang datang ke TPS tidak langsung sekali semua, akan diatur waktunya agar tidak membludak di TPS. Dan disitu akan kita sampaikan ke KPPS nya agar menyediakan kursi minimal 10 persen dari jumlah pemilih yang ada di TPS itu,” ungkapnya.

Terkait antisipasi intervensi terhadap KPPS, Mutia mengaku bahwa intervensi tidak terjadi saat Pemilu 2024 lalu. Oleh karena itu kekhawatiran itu bisa diantisipasi saat Pilkada Serentak 2024 nanti.

“Alhamdulillah, tidak ada intervensi yang didapat KPPS. Apalagi ini kan jumlah TPS berkurang setengah, nanti akan kita tentukan mana lokasi TPS nya yang paling strategis,” pungkasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles