18.9 C
New York
Monday, October 7, 2024

Peparnas XVII Solo Resmi Dibuka, 35 Kontingen Mulai Bertanding Hari Ini

Solo, MISTAR.ID

Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 resmi dibuka di Stadion Manahan Solo, Minggu (6/10/2024) malam. Kejuaraan olahraga disabilitas nasional tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Effendi Pohan mengatakan pemerintah provinsi Sumut sangat mengapresiasi gelaran Peparnas tahun ini. Terlebih pembukaan juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni.

“Beliau (Pj Gubsu) hadir langsung untuk memberikan motivasi kepada seluruh kontingen Sumut yang akan bertanding. Jadi, beliau juga sangat mengapresiasi gelaran NPC di Solo,” ujarnya melalui keterangannya, Senin (7/10/24) pagi.

Diketahui Peparnas 2024 kali ini diikuti lebih dari 4.625 ofisial dari 35 kontingen yang ada di Indonesia. Adapun pada Peparnas kali ini akan mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor) mulai hari ini hingga 13 Oktober seperti para atletik, para panahan, para catur, boccia, para bulutangkis, para balap sepeda, sepakbola CP.

Baca juga: Panitia Peparnas 2024 Umumkan Paralimpik Digelar di Solo

Kemudian para angkat berat, judo tunanetra, para tenis meja, para menembak, para renang, para taekwondo, voli duduk. Kemudian Tenpin Bowling, anggar kursi roda, dan tenis kursi roda. Sedangkan cabor basket kursi roda dan E-Sport berstatus ekshibisi.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumut, Alan Sastra Ginting menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Pj Gubsu datang langsung ke Solo untuk memantau atlet Sumut.

“Mudah-mudahan kehadiran mereka bisa menambah rasa percaya diri atlet bertambah saat bertanding, kita tentu sangat berterima kasih kehadiran mereka (gubsu dan rombongan) membuat kami semakin optimis bisa berbuat yang terbaik di Peparnas kali ini,” pungkasnya. (iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles