18.6 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Cuaca Berawan dan Hujan Hiasi Kota-Kota Besar Indonesia Hari Ini

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah kota besar Indonesia pada hari ini umumnya berawan hingga hujan, dengan potensi hujan disertai petir di beberapa wilayah.

Prakirawan BMKG, Yohanes A.K., menyampaikan informasi ini melalui siaran prakiraan cuaca di Jakarta pada Minggu (6/9/24) yang dilansir dari Antara.

Di Pulau Sumatera, cuaca beragam terjadi di berbagai kota. “Pangkal Pinang diprakirakan berawan tebal, Lampung mengalami hujan ringan, sementara Jambi, Bengkulu, dan Palembang harus waspada terhadap hujan disertai petir,” jelas Yohanes.

Sementara itu, Padang diperkirakan mengalami udara kabur, Pekanbaru hujan ringan, Medan hujan sedang, dan Banda Aceh serta Tanjung Pinang memiliki potensi hujan disertai petir.

Baca juga: Kreativitas Orang Tua Kunci Padu Padan Gaya Anak

Di Pulau Jawa, cuaca diperkirakan berawan tebal di Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Wilayah Serang dan Yogyakarta akan mengalami hujan ringan, dan Bandung berpotensi hujan disertai petir.

“Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan akan mendominasi Kupang, sedangkan Mataram dan Denpasar diprakirakan mengalami hujan ringan,” ujar Yohanes lebih lanjut.

Di Pulau Kalimantan, Banjarmasin diperkirakan berawan, sementara Pontianak, Palangkaraya, dan Samarinda mengalami hujan ringan. Tanjung Selor diharapkan waspada terhadap potensi hujan disertai petir.

Baca juga: Polsek Sunggal Ungkap Peran Satu Keluarga dalam Penganiayaan Jukir di Setiabudi

Pulau Sulawesi diprediksi berawan hingga berawan tebal di Makassar, Gorontalo, dan Kendari, dengan hujan ringan di Mamuju dan Palu, serta potensi petir di Manado.

Adapun untuk wilayah Indonesia Timur, kota-kota seperti Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke akan mengalami hujan ringan, sedangkan Ambon dan Nabire diprakirakan hujan sedang.

Yohanes juga mengingatkan masyarakat untuk selalu memantau perkembangan cuaca terbaru melalui aplikasi InfoBMKG, yang menyediakan pembaruan prakiraan cuaca setiap tiga jam. Aplikasi ini tersedia di Playstore maupun AppStore untuk diunduh oleh masyarakat. (ant/hm24)

Related Articles

Latest Articles