17.9 C
New York
Saturday, October 5, 2024

Kades di Tapteng Melapor ke Pj Bupati, Ngaku Dimintai Uang-Dukung Paslon Tertentu

Tapteng, MISTAR. ID

Sejumlah kepala desa (kades) di Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diduga melakukan pertemuan dengan pasangan calon bupati tertentu bersama tim pemenangannya, baru-baru ini.

Informasi ini sampai ke Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta, dan selanjutnya memerintahkan Camat Badiri untuk memanggil kades dimaksud yang ikut dalam pertemuan itu.

Berdasarkan informasi diperoleh, pasangan calon bupati tertentu itu disebut-sebut mencoba menakut-nakuti, membujuk dan mengajak dengan cara mengumpulkan kepala desa untuk mendukung dan menyumbang dana guna pemenangan.

“Kami dikumpulkan di salah satu gudang milik Calon Wakil Bupati berinisial DS. Selanjutnya dimintai uang sumbangan dan diminta untuk mendukung mereka,” ungkap salah seorang Kades yang minta namanya tak ditulis.

Menyadari tindakan seperti itu curang dan melanggar Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), sumber bersama kades lainnya melaporkan hal itu kepada Pj Bupati, dan meminta pertemuan-pertemuan seperti itu dapat digagalkan oleh Sugeng.

Baca Juga : Dua Paslon Ditetapkan KPU di Pilkada Tapteng 2024

Sumber membeberkan, di Kecamatan Badiri ada 6 kades yang disebut sebut menghadiri pertemuan itu, yaitu Kades Air Horsik, Lubuk Ampolu, Sitardas, Kebun Pisang, Gunung Kelambu dan Pagaran Honas.

Pertemuan yang digelar, Selasa (24/9/24) itu, sejumlah kades tersebut disebut diundang oleh DS yang diketahui merupakan Cawabup Tapteng untuk hadir di gudangnya di Kecamatan Badiri.

Lebih lanjut diketahui bahwa dalam pertemuan itu juga turut dihadiri salah seorang Calon Bupati Tapteng berinisial KKP. “Intinya dalam pertemuan itu meminta bantuan uang dan dukungannya untuk pemenangan Paslon Bupati dan Wakil Bupati, imbalannya nanti jika Paslon menang, para Kades akan diberikan keleluasan dalam mengelola keuangan Desa,” ungkapnya.

Laporan yang sama juga disampaikan sejumlah Kades yang ada di Kecamatan Barus dan Barus Utara kepada Pj Bupati Tapteng.

Mereka mengatakan, pada tanggal 2 Oktober 2024, ada 6 orang kades di Kecamatan Barus dan Barus Utara yaitu Kades Sigambo Gambo, Bungo Tanjung, Kampung Solok, Kedai Gedang, Purbatua dan Siharbangan, dipanggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui salah Kabid PMD untuk hadir di salah satu tempat di Perumahan Golkar Pandan dengan dalih undangan rapat.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles