15.2 C
New York
Friday, October 4, 2024

Upacara Ziarah Nasional di TMP Syuhada Binjai Rangkaian Peringatan HUT TNI ke-79

Binjai, MISTAR.ID

Upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79, pada Jumat (4/10/24) berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Syuhada Binjai, Jalan Pahlawan, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur.

Kegiatan dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0203/Lkt, Letkol Arh FX Ibnu Hardianto, serta dihadiri Kapolres Binjai, AKBP Bambang Christanto Utomo, Kapolres Langkat, AKBP David Triyo Prasojo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Binjai, Jufri Nasution, serta ratusan prajurit TNI Polri.

Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir (Danyonif 8 Mar) diwakili Komandan Kompi Dragon, Kapten Marinir Chalvin Sahusilawane beserta prajurit dan Jalasenastri Ranting B Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir juga mengikuti ziarah nasional itu.

Baca juga:Menjelang HUT TNI ke-79, Polri Bergotong Royong di Samosir

Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang ditandai dengan peletakan karangan bunga di pelataran tugu TMP Syuhada Binjai, diakhiri acara tabur bunga di pusara para pahlawan.

Di tempat yang berbeda, Danyonif 8 Marinir, Letkol Mar Suherman menyampaikan kegiatan ziarah ini bertujuan selain dalam rangka menyambut HUT TNI ke-79 adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan dan mengharumkan Bumi Pertiwi.

Disebutkan para pejuang tersebut telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi keutuhan bangsa dan negara. Menurut Suherman, bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawannya.

Baca juga:Sambut HUT TNI ke-79, Kodim 0204 Deli Serdang Adakan Baksos

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan menumbuhkan rasa jiwa nasionalisme, patriotisme terhadap bangsa dan negara atas jasa-jasa para pahlawan yang gugur untuk memperjuangkan keutuhan dan kehormatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” paparnya. (endang/hm16)

Related Articles

Latest Articles