14.4 C
New York
Friday, October 4, 2024

Debat Pertama Pilkada Jakarta 2024, Begini Sistemnya

Jakarta, MISTAR.ID

Debat pertama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 bakal berlangsung, pada Minggu (6/10/24) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Menjelang hari H, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU), Astri Megatari mengatakan mereka tidak akan memfasilitasi pasangan calon (paslon) dengan podium di atas panggung kala debat berlangsung.

“Untuk debat perdana disetujui gak ada podium,” kata Astri kepada wartawan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, pada Kamis (3/10/24).

Baca juga:Ini Profil Moderator Debat Capres 7 Januari, Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki

Lanjut Astri, nantinya masing-masing peserta debat bakal menerima giliran untuk berdiri di posisi yang sudah ditentukan. Menurutnya, di atas panggung akan dilengkapi tempat duduk yang dapat ditempati oleh peserta debat yang tak sedang mendapat giliran dalam menyampaikan pendapat atau pertanyaan.

“Saat gilirannya untuk bertanya atau menjawab atau memberi respons itu nanti dapat berdiri,” kata Astri.

Menyangkut jalannya debat, Astri mengatakan bahwa peserta diizinkan untuk membuat gerakan atau gimik. Namun diriya mengingatkan bahwa adegan gimik dimaksud bisa memakan alokasi waktu yang mereka punyai. “Contohnya ada gesture bakal memakan durasi juga,” sambungnya.

Baca juga:Kaesang Pangarep Menuju Pilkada 2024, Jakarta atau Jateng

Menyinggung adegan gimik di tengah debat ini, Astri mendorong supaya paslon mampu memberdayakan waktu dalam mengutarakan gagasan. “Kalau kami dorong supaya substantif. Jadi paslon secara maksimal menyampaikan gagasan dan visi-misi,” ucap Astri.

Sesuai pengumuman KPU Jakarta yang disampaikan lewat Astri, debat perdana yang akan sebagai sarana adu gagasan antara ketiga paslon, yakni Ridwan Kamil-Suswono, Pramono Anung-Rano Karno, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardan dimulai pukul 19.00 hingga 21.30 WIB.

Astri mengatakan pembagian kesempatan berbicara saat sesi debat akan disesuaikan dengan nomor urut. “Jika hasil dari technical meeting, berdasarkan nomor urut. Lalu urutannya dari 1, 2 dan 3,” kata dia.

Debat kali ini, KPU telah menetapkan 7 orang panelis yang akan menyusun pertanyaan terhadap para paslon. KPU juga sudah memutuskan moderator, yaitu Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles