14.4 C
New York
Friday, October 4, 2024

Tips Awet Muda, Minum Air Putih dan Kurangi Asupan Gula

Jakarta, MISTAR.ID

Seiring waktu bertambahnya usia, fisik manusia turut menuai. Namun, untuk tetap terlihat awet muda, sejumlah gaya hidup bisa diterapkan. Cara yang dilakukan pun tidak sulit, tergantung kemauan seseorang.

Berikut gaya hidup yang dapat dilakukan:

1. Mengkonsumsi air putih

Minum air putih yang cukup sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah dengan murah. Namun hal ini sering diabaikan. Padahal, minum air putih membantu kulit jadi lebih segar dan memperlambat penuaan.

Sementara tubuh seseorang yang kurang minum air, dapat memicu peradangan dan mempercepat tanda-tanda penuaan serta mempengaruhi fungsi otak.

Orang dewasa sendiri direkomendasikan minum air putih sebanyak 2 liter dalam hari. Secara bersamaan harus menghindari minuman kemasan instan tinggi gula, alkohol, atau kopi, teh dengan kandungan gula tambahan.

Baca juga:Tips Pengolahan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

2. Tidur cukup

Selain membantu membakar kalori, tidur yang cukup sekitar 7-9 jam per hari bagi orang dewasa mampu mempengaruhi sekaligus menghambat tanda-tanda penuaan.

Saat Anda tertidur maka tubuh akan melakukan regenerasi sel termasuk kulit, dan sel baru secara langsung akan memperbaiki peradangan sel rusak yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Melansir Eat This Not That, penelitian terbaru dari BRAIN melaporkan seseorang yang memiliki kebiasaan tidur kurang dari 6,5 jam dikaitkan dengan penurunan kognitif atau daya ingat lebih besar.

Baca juga:Menjaga Imun Tubuh saat Cuaca Tak Menentu, Berikut Tipsnya

3. Kelola stres

Stres berlebih bisa mempercepat proses penuaan. Untuk itu, penting mengelola stres dengan baik agar bisa tetap awet muda.

4. Olahraga

Olahraga membuat Anda lebih awet muda. Hal ini salah satunya ditunjukkan melalui studi yang dilakukan di McMaster University.

Studi menunjukkan bahwa orang usia 40-an yang rutin berolahraga memiliki kulit yang mirip dengan mereka yang berusia 20-an.

Baca juga:Tips Perawatan Rambut Tetap Sehat dan Berkilau Tanpa Biaya Mahal

5. Kurangi asupan gula
Makanan dan minuman manis yang tinggi gula memang lezat. Tapi, terlalu banyak justru tidak baik untuk tubuh.

Asupan gula berlebih tidak baik untuk kesehatan, yang juga berdampak pada proses penuaan. Untuk itu, hindari konsumsi gula berlebih agar bisa tampil awet muda.

Itulah sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa membuat awet muda. Semoga bermanfaat.(cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles