14.8 C
New York
Friday, October 4, 2024

Ahli Diet Ingatkan Bahaya Pewarna Kimia pada Makanan Anak

Jakarta, MISTAR.ID

Ahli diet menekankan pentingnya memperhatikan dampak penggunaan pewarna kimia pada makanan terhadap kesehatan anak-anak.

Dalam siaran Well and Good pada Kamis (3/10), Tami Best, RDN, dari Top Nutrition Coaching di Amerika Serikat, menyampaikan bahwa pewarna buatan sering digunakan oleh produsen untuk membuat produk makanan tampak lebih menarik, terutama bagi anak-anak.

Namun, produk makanan berwarna cerah yang kebanyakan bersifat ultra-proses dapat memicu risiko kesehatan.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Mengonsumsi Apel Setiap Hari untuk Kesehatan

Studi yang diterbitkan Juni 2024 di Nutrition Reviews mengungkapkan hubungan antara makanan ultra-proses dengan peningkatan risiko obesitas dan kondisi kardiometabolik lainnya, seperti diabetes pada anak-anak.

Best menekankan bahwa diet makanan utuh dengan sedikit pemrosesan lebih ideal untuk pertumbuhan anak. Makanan utuh tidak melalui banyak proses dan berasal dari bahan alami, sehingga aman dikonsumsi.

Meski tidak ada pedoman pasti terkait jumlah pewarna kimia yang aman, Best menyarankan untuk membatasi konsumsi makanan berpewarna buatan dan memilih pewarna nabati seperti wortel, bit, dan beri.

Dia juga menasihati orang tua untuk selalu memeriksa label makanan dan mengurangi akses anak terhadap produk yang mengandung pewarna kimia. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles