16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Predikat B SAKIP Award 2024, Bukti Tata Kelola Pemerintahan Pemko Siantar Kian Baik

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar meraih predikat B di ajang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Penghargaan diterima Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota, Matheos Tan di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Rabu (2/10/24) kemarin.

Di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), ada lima kabupaten/kota selain Kota Pematangsiantar yang menerima SAKIP Award, yaitu Kabupaten Toba, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Karo, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), dan Kota Binjai.

Matheos Tan dalam keterangannya menyampaikan penghargaan tersebut sudah menunjukkan pembenahan tata kelola pemerintahan yang semakin baik.

“Tentunya ini wujud dari Siantar Berkualitas dalam hal tata kelola pemerintahan yang sudah berbasis kinerja, termasuk dikaitkan berdasarkan pengelolaan anggaran dalam tata kelola pemerintahan, dan juga menunjukkan peningkatan pelayanan bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga : Soal Anggaran Makan Bergizi Gratis, Pemko Siantar Tunggu dan Ikut Pedoman Pusat

Matheos mengapresiasi kepada ASN dan jajaran perangkat daerah di lingkup Pemko Pematangsiantar, sekaligus masyarakat yang sudah mendukung proses penilaian SAKIP dari awal hingga akhir. Termasuk juga instansi vertikal yang sudah mendukung dalam kolaborasi.

“Harapannya bisa dapat ditingkatkan menjadi nilai BB nantinya,” sebutnya.

Dia berharap para perangkat daerah semakin memberikan pelayanan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai indikator yang tersusun dalam SAKIP, sehingga penilaiannya menjadi lebih baik.

Ditambahkannya, hal-hal menjadi catatan perlu ditingkatkan seperti pemanfaatan digitalisasi dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan/Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sehingga masyarakat dapat semakin merasakan pelayanan yang diberikan oleh Pemko Pematangsiantar.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles