16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Remaja Penyandang Disabilitas Tewas Terbakar di Silusung Samosir, Polisi Cek TKP

Samosir, MISTAR.ID

Polsek Palipi masih menyelidiki kebakaran satu unit rumah di Silusung Dusun I, Desa Sabulan, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir yang menewaskan DS (16), seorang remaja penyandang disabilitas dalam peristiwa yang terjadi, Rabu (2/10/24) dini hari kemarin.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 00.30 WIB,” ujar Kapolsek Palipi, AKP Parlindungan Sinaga, Kamis (3/10/24).

Api dengan cepat melahap rumah milik JS seorang petani yang tinggal bersama istri, anak, dan adiknya, termasuk DS. Seorang saksi, AS, yang merupakan tetangga korban pertama kali menyadari kebakaran setelah mendengar suara berisik dari arah belakang rumah.

“Saat keluar ia melihat api sudah membesar di bagian dapur rumah JS,” ucap Parlindungan.

Dia mengatakan, saksi lainnya MM, yang sedang berada di rumah tetangga bersama anaknya, juga mendengar teriakan AS dan segera keluar untuk melihat keadaan. Menyadari kebakaran, MM menghubungi suaminya yang saat itu sedang tidak berada di rumah.

Baca Juga : Nenek dan Cucu Tewas Terbakar di Raya Kahean, Simalungun

Warga sekitar pun langsung berusaha memadamkan api, namun sayangnya, DS yang berada sendirian di dalam rumah tidak dapat diselamatkan.

Polisi bersama Danramil Palipi dan warga tiba di lokasi sekitar, api berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 04.00 WIB. Rumah tersebut mengalami kerusakan parah, dengan hampir seluruh bangunan hangus terbakar.

Berdasarkan hasil olah TKP, diduga kebakaran ini disebabkan korsleting listrik yang berasal dari penggunaan rice cooker di dapur yang colokannya selalu terpasang di stop kontak.

Ditambahkan Parlndungan, pihak keluarga korban menerima dengan ikhlas kematian DS dan mereka memutuskan untuk tidak melakukan autopsi. Keluarga berencana memakamkan korban secara adat di sekitar Huta Silosung.

Polisi juga mengamankan barang bukti dari lokasi kebakaran, termasuk sebuah rice cooker, sisa lembar seng, dan beberapa kayu rumah yang terbakar. “Dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik. Kami akan melanjutkan penyelidikan lebih lanjut,” sebutnya. (pangihutan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles