16.5 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Jelang Pilkada 2024, Polres Simalungun-Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Perkuat Sinergi

Simalungun, MISTAR.ID

Polres Simalungun menerima kunjungan kerja Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIa Pematangsiantar, Sukarno Ali, dalam rangka memperkuat sinergi antar-lembaga penegak hukum menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pertemuan yang berlangsung di Mapolres Simalungun, Kamis (3/10/24), bertujuan untuk memastikan stabilitas keamanan di wilayah Simalungun selama tahapan Pilkada.

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada, mulai dari kampanye hingga pengumuman hasil.

“Stabilitas keamanan adalah fondasi utama untuk memastikan Pilkada berjalan aman, damai, dan demokratis. Kami siap menjaga ketertiban dengan mengedepankan profesionalisme dan pendekatan humanis,” ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa sinergi dengan Lapas sangat penting, mengingat lembaga tersebut memainkan peran strategis dalam pembinaan warga binaan.

“Kami menyadari bahwa stabilitas di dalam dan di luar Lapas sangat mempengaruhi keamanan masyarakat. Oleh karena itu, sinergi yang baik antara Polri dan Lapas menjadi prioritas, terutama menjelang Pilkada ini,” tambahnya.

Baca Juga : Jaga Kondusifitas Pilkada 2024, Polres Simalungun Tingkatkan Pengawasan Siber

Choky mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut serta menjaga ketertiban dan tidak mudah terpancing oleh provokasi atau informasi yang menyesatkan.

“Polres Simalungun akan terus melakukan sosialisasi terkait pentingnya literasi digital guna mencegah hoaks yang bisa memicu konflik. Kami berkomitmen menjaga netralitas dalam Pilkada dan memastikan masyarakat dapat menjalankan hak pilihnya dengan aman,” tegasnya.

Pertemuan ini juga membahas langkah-langkah bersama dalam pemberantasan narkoba, baik di dalam Lapas maupun di lingkungan masyarakat. Tantangan terkait peredaran narkoba dianggap sebagai isu krusial yang memerlukan kerja sama erat antara kepolisian dan lembaga pemasyarakatan.

“Pemberantasan narkoba menjadi salah satu fokus utama yang harus ditangani secara bersama-sama,” ucap Kepala Lapas Pematangsiantar, Sukarno Ali.

Kunjungan ini diharapkan semakin memperkuat hubungan antara kedua institusi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya menjelang Pilkada 2024. (indra/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles