16.9 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Puan Maharani jadi Ketua DPR Lagi, ini Nama-nama Wakilnya

Jakarta, MISTAR.ID

Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI lagi, dan selama di periode 2024-2029 ini, ia akan didampingi oleh 4 (empat) pimpinan DPR lainnya yang akan menduduki kursi Wakil Ketua.

Keempat Wakil Ketua itu adalah Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Adies Kadir dari Partai Golkar, Saan Mustopa dari Partai NasDem, dan Cucun Syamsurijal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pimpinan DPR yang terdiri dari satu orang ketua dan empat orang wakil ketua, sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, dan DPD (MD3). UU ini juga mengatur Ketua DPR ialah anggota DPR yang berasal dari parpol dengan perolehan kursi terbanyak pertama.

Baca juga: Jadi Anggota DPR RI, Putri Puan Maharani Ingin Konsen di Isu Perempuan dan Anak

Dan selanjutnya, untuk jabatan Wakil Ketua DPR, berasal dari parpol yang mendapatkan kursi terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima. Karenanya berdasarkan ketentuan tersebut, maka PDIP kembali mengisi kursi Ketua DPR.

Setelah resmi menjadi Ketua DPR lagi, Puan yang sebelumnya juga menjadi Ketua DPR periode 2019-2024, berjanji akan membuka lebar ruang partisipasi publik dalam pembentukan undang-undang.

Ia juga berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut ke komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD), serta akan terus berbenah dan mendengarkan aspirasi masyarakat. (ant/hm27)

Related Articles

Latest Articles