17.5 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Sultan Terpilih jadi Ketua DPD RI 2024-2029

Jakarta, MISTAR.ID

Melalui pemungutan suara, Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu, Sultan B Najamudin sah terpilih menjadi Ketua DPD RI periode 2024-2029. Rabu (2/10/24) dini hari.

Sultan yang merupakan mantan Wakil Ketua DPD RI periode sebelumnya, berhasil memperoleh 95 suara. Ia berhasil mengungguli Mantan Ketua DPD RI periode sebelumnya, La Nyalla Mattalitti yang meraup 56 suara.

Pemungutan suara dalam Sidang Paripurna Pemilihan Pimpinan DPD RI itu diikuti sebanyak 151 Anggota DPD RI yang hadir berdasarkan kartu peserta pemungutan suara. Namun berdasarkan penghitungan, hanya sebanyak 150 suara yang ada dalam kotak suara yang telah tercoblos.

Baca juga:Polri Kerahkan Ribuan Personel Amankan Pelantikan Anggota DPR dan DPD RI

Meski demikian, peserta sidang meminta agar pimpinan sidang melanjutkan penghitungan suara. Penghitungan surat suara pun dibacakan oleh Wakil Ketua sementara DPD RI Larasati Moriska. Mekanisme Pemilihan Pimpinan DPD RI itu menggunakan sistem paket berdasarkan Tata Tertib (Tatib) DPD RI.

Sultan terpilih dengan paket pimpinan bersama tiga Wakil Ketua DPD RI yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. Sementara paket pimpinan yang tak terpilih yakni La Nyalla Mattalitti sebagai calon Ketua, serta tiga calon Wakil Ketua yakni Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muh Ihsan.

Sultan yang telah terpilih secara resmi akan mengemban tugas sebagai pimpinan senator. Dalam penyampaian visi dan misinya, Sultan pun mengatakan akan membawa kebaruan dan inklusivitas dalam lembaga DPD RI untuk menyambut Indonesia Emas 2045. (antara/hm27)

Related Articles

Latest Articles