16 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Masuki Musim Hujan, Harga Cabai Merah Anjlok di Medan

Medan, MISTAR.ID

Sejumlah harga komoditas bahan pokok seperti cabai merah masih mengalami penurunan di awal pekan, saat ini harga cabai merah dijual seperempat Rp5.000 di Pusat Pasar Medan, Selasa (1/10/24).

Salah satu pedagang di pasar tersebut, Angle mengatakan bahwa harga cabai merah terus mengalami penurunan dari pekan lalu dan kini dijual Rp20.000/kg.

“Harga cabai merah yang paling murah dari sebelumnya masih di jual sekitar Rp25.000/kg sekarang makin turun jadi Rp20.000/kg.

Sedangkan harga bawang merah sudah mulai naik jadi Rp28.000/kg,” ungkapnya.

Di sisi yang sama harga cabai rawit juga mengalami penurunan dan saat ini dijual Rp36.000/kg.

Baca juga: IHSG Diprediksi Melemah di Awal Oktober

“Kalau cabai rawit juga sudah semakin turun juga dari pekan lalu Rp37.000/kg, namun melihat kondisi yang sering hujan bisa jadi harga ini akan naik lagi nanti ,” katanya.

Dalam hal ini berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ESDM Sumut mencatat harga cabai rawit dan cabai merah terpantau mengalami penurunan harga masing-masing sebesar 0,6 persen dan 0,4 persen jika dibandingkan dengan harga kemarin di Sumatera Utara.

“Sementara ini di Kabupaten Tapanuli Tengah harga cabai merah sangat anjlok di harga Rp15.000/kg. Dan paling mahal dijual di NIas Barat yang sampai Rp55.000/kg,” kata Sujatmiko selaku Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Sumut.

Baca juga: Infinix Rilis Hot 50 4G, Hadir dengan Layar Lebih Besar dan Dukungan 4G

Dikatakannya selain itu untuk harga cabai rawit paling terendah berada di harga Rp28.000/kg yang dijual di Dairi.

“Sedangkan untuk harga tertinggi berada di Kota Sibolga yang juga masih ditransaksikan Rp55.000/kg. Stok panen saat ini sedang melimpah ditambah lagi sudah memasuki musim hujan jadi kondisi harganya jatuh,” ujarnya. (dinda/hm25)

Related Articles

Latest Articles