16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Jelang Akhir Jabatan Jokowi, 2 Menteri Mengundurkan Diri

Jakarta, MISTAR.ID

Dua menteri di akhir pemerintahan Jokowi mengajukan pengunduran diri kepada setelah terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.

Koordinator staf khusus presiden Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Berdasarkan persetujuan tersebut, Dwipayana menambahkan, presiden akan mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan Iskandar dan Fauziyah secara resmi.

Baca juga:PDIP Sebut Seorang Menteri Ingin Mengundurkan Diri dari Kabinet Jokowi

“Keputusan presiden sedang diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara,” katanya, seraya menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan menyerahkan kembali tugas mereka kepada masing-masing menteri koordinator.

Dwipayana lebih lanjut menjelaskan bahwa Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan menjabat sebagai pelaksana tugas Menteri Desa.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto , akan mengambil alih tanggung jawab Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pelaksana tugas menteri.

Baca juga:Menteri dari PDIP di Kabinet Jokowi Sisa 5 Orang Lagi

Pengunduran diri kedua menteri ini menyusul pengunduran diri Menteri Sosial, Tri Rismaharini , dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung , awal bulan ini, yang juga disetujui oleh Presiden.

Rismaharini dan Anung mengundurkan diri karena pencalonan mereka dalam pemilihan gubernur Jawa Timur dan Jakarta mendatang, yang dijadwalkan pada bulan November.

Masa jabatan Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi akan berakhir pada tanggal 20 Oktober, ketika Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menjabat.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles