16.3 C
New York
Monday, September 30, 2024

Bawaslu Toba: Peran Wartawan Sangat Dibutuhkan Jalannya Demokrasi Berdaulat

Toba, MISTAR.ID

Bawaslu Toba mengajak wartawan dalam keterbukaan pers dalam mewujudkan kedaulatan rakyat untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berdemokrasi, berbangsa melalui kemerdekaan pers dengan memberikan informasi yang mengedukasi bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan saat sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, peran media pers pasangan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024 Kabupaten Toba, Senin (30/9/24) di Convention Centre Labersa Hotel Kecamatan Balige.

Ketua Bawaslu Toba, Sahat Sibarani menyampaikan peran wartawan atau pers sangat menentukan terwujudnya pilkada yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Toba. Melalui pemberitaan-pemberitaan yang dibutuhkan oleh pemilih.

Baca juga : Sempat Diwarnai Protes, Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Toba Cabut Nomor Urut

“Dapat dikatakan produk karya jurnalis yang dikemas oleh wartawan merupakan sumber informasi utama kepada masyarakat,” ujar Sahat.

Lanjutnya, awak media akan memberikan informasi terkait visi, misi, dan latar belakang calon. Sehingga dapat membantu masyarakat untuk memahami pilihan saat digelarnya pesta demokrasi di Kabupaten Toba pada Rabu, 27 November 2024.

Baca juga : Bawaslu Toba Sosialisasi, Syafrida: Pelaksanaan Pilkada 2024 Rawan Sengketa

“Disamping juga selain memberikan informasi yang mengedukasi, wartawan juga bersinergitas dengan kami Bawaslu bersama stakeholder pemangku kepentingan untuk melakukan pengawasan pilkada nantinya,” katanya.

Bawaslu Toba yakin melalui kolaborasi seluruh stakeholder khususnya awak media dalam melakukan pengawasan tahapan pemilu yang saat ini sudah memasuki tahap kampanye akan berjalan sukses hingga terlaksananya proses pesta demokrasi. (nimrot/hm18)

Related Articles

Latest Articles