15.9 C
New York
Monday, September 30, 2024

Awal Pekan IHSG Terpuruk Dalam, Rupiah dan Harga Emas Ikut Masuk Zona Merah

Medan, MISTAR.ID

Kinerja IHSG ditutup melemah 2.2% di level 7.527,929, IHSG terpuruk sangat dalam di tengah minimnya sentimen pasar pada perdagangan hari ini.

Ekonom Sumut Gunawan Benjamin menerangkan, dari 10 saham berkapitalisasi besar yang aktif diperdagangkan hari ini.

“Dan hanya BRMS yang mengalami kenaikan. Bahkan saham GOTO dan BREN terpuruk dengan membukukan koreksi sebesar 5.71% dan 8.01% pada perdagangan hari ini,” ujar Gunawan, Senin (31/9/24).

Baca juga:IHSG Berada di Zona Hijau Pagi Ini

Gunawan menambahkan, pada IHSG hari ini terjadi pada sejumlah bursa di Asia lainnya seperti bursa Nikkei Jepang, Taiwan, dan KOSPI.

“Bahkan Indeks bursa Nikkei ditutup turun 4.8% pada perdagangan hari ini. Dan aksi jual juga terjadi pada pembukaan bursa di eropa yang juga melemah di sesi pembukaan perdagangan hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah pada perdagangan hari ini ditransaksikan melemah di level 15.135 per US Dolar.  Kinerja mata uang rupiah tidak mengalami perubahan yang signifikan selama sesi perdagangan hari ini.

Baca juga:Rupiah Menguat 29 Poin, IHSG dan Harga Emas Antam Meningkat

“Mata uang Rupiah terpantau bergerak dalam rentang angka yang sesuai dengan dinamika pasar yang berkembang pada hari ini. Minimnya sentimen pasar keuangan membuat rupiah relatif tidak banyak berubah,” tukasnya.

Berbeda dengan IHSG yang justru mengalami koreksi yang tidak biasa, meskipun koreksi pada IHSG sebenarnya juga tercermin dari agenda ekonomi eksternal yang dinilai tidak menguntungkan pasar saham tanah air.

“Disisi lain, harga emas dunia ditransaksikan melemah ke level $2.648 per ons troy nya. Atau sekitar Rp. 1.29 juta per gram nya,” tutupnya. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles