15.9 C
New York
Monday, September 30, 2024

Susunan Kabinet Prabowo Tuntas 5 Hari Sebelum Pelantikan Presiden

Jakarta, MISTAR.ID

Susunan kabinet pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto bakal diketahui pada H-5 sebelum pelantikan kepala negara pada 20 Oktober 2024.

Ini dikatakan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Senin (30/9/24).

Menurutnya, susunan kabinet itu terdiri dari jumlah kementerian, nomenklatur kementerian, hingga nama-nama calon menteri. Hanya dia menuturkan, hal itu akan secara resmi diumumkan usai Prabowo dilantik.

Baca juga:Sosok Berjasa di Pilpres Berpeluang Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

“Jumlah nomenklatur kementerian hingga ini masih dinamis. Sehingga jika ditanya berapa, saya belum dapat menjawab,” imbuh Wakil Ketua DPR RI itu.

Lanjutnya, Menteri Pertahanan (Menhan) itu saat ini tengah menjaga ritme dan staminanya untuk persiapan pelantikan presiden. Artinya, kata Dasco, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu bakal tak bepergian ke luar negeri atau luar kota sebelum dilantik.

Dia menegaskan Prabowo pun akan meneruskan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah baik. Selain itu, program yang belum sempurna akan dibagusin oleh Prabowo di periode berikutnya.

“Pastinya kita akan masukan yang baik, dan juga memasukkan sejumlah terobosan yang ditunggu oleh rakyat,” paparnya.

Baca juga:PKS Akui Tak Ada Tawaran Kursi Menteri di Kabinet Prabowo

Hanya Dasco pun belum bisa memastikan wacana perihal rencana pertemuan Prabowo dengan Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Dikatakan, saat ini Prabowo masih disibukkan dengan penataan nomenklatur kementerian dan menetapkan orang-orang yang akan dipilih untuk masuk ke dalam kabinet.

“Sehingga waktu-waktu untuk perjumpaan dan lain-lain juga dihitung, kemudian tak menyita waktu dalam penyusunan nomenklatur yang seharusnya H-5 telah selesai,” tutup Dacso. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles