16.1 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Puskesmas Lumut Raih Pemenang Imunitas Terbaik Tahun 2024 dari Kemenkes RI

Tapteng, MISTRAR.ID

Puskesmas Kecamatan Lumut, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) masuk dalam kategori 10 besar sebagai pemenang Imunitas terbaik. Selain itu, Puskesmas Kecamatan Lumut juga meraih tiga awards sebagai pelayanan Imunitas terbaik se-Sumatera Utara (Sumut) tahun 2024.

Adapun 10 puskesmas terbaik dengan cakupan Imunisasi rutin tertinggi (IDL, IBL, Antigen baru, BIAS, T2+WUS) untuk Januari sampai Agustus 2024 se-Sumut yakni Puskesmas Aek Godang Kota Padangsidimpuan, Puskesmas Lumut Kabupaten Tapteng, Puskesmas Aras Kabu Kabupaten Deli Serdang, Puskesmas Perlayuan Kabupaten Labuhan Batu dan Puskesmas Langkimat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Kemudian Puskesmas Ujung Batu III Rokan Hulu, Puskesmas Batu Tunggal Kabupaten Labuhanbatu, Puskesmas Pangirkiran Kabupaten Padang Lawas (Palas), Puskesmas Ujung Batu I Kabupaten Rokan Hulu dan Puskesmas Tandang Buhit Kabupaten Toba Samosir.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Direktur Pengelola Imunitas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Prima Yosephine kepada Plt Kadinkes Sumut yang juga sekaligus Pj Bupati Asahan Basarin Yunus.

Selanjutnya oleh Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tapteng Erwin Hotmansah Harahap menyerahkan penghargaan tersebut kepada Berianti Palenna Hutagalung, selaku Koordinator Imunisasi Puskesmas Lumut.

Baca Juga : Pusat Kuliner Bagas Silua Jadi Destinasi Wisata Kuliner Tapteng

Puskesmas Lumut meraih tiga sekaligus penghargaan peringkat pertama dalam pencapaian Indikator Kinerja kegiatan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dengan pencapaian 92,22 persen. Kemudian peringkat pertama dalam pencapaian indikator kinerja kegiatan Imunisasi Balita Lengkap (IBL) dengan pencapaian 77,74 persen. Terakhir, peringkat pertama dalam pencapaian indikator kinerja kegiatan imunisasi T2+WUS hamil dengan pencapaian 84,02 persen masing-masing periode Januari sampai dengan Agustus tahun 2024.

Berianti mengatakan, pencapaian yang diperolehnya tak lepas dari dukungan Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta serta peran serta para kader posyandu, dan tenaga kesehatan di Puskesmas Lumut dalam memenuhi target pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak.

Penghargaan ini, kata dia, akan menjadi motivasi dan semangat bagi mereka untuk meningkatkan pencapaian menjadi lebih baik lagi ke depannya.

“Dengan pencapaian ini kiranya bisa menjadi motivasi bagi kami dalam menangani penyakit masyarakat seperti Polio ataupun Tetanus pada ibu hamil dan juga anak-anak ke depan bisa tereliminasi di Kabupaten Tapteng, khususnya di Kecamatan Lumut. Sehingga menghasilkan anak-anak sehat menuju Generasi Emas Indonesia,” katanya. (feliks/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles