16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Polres Simalungun Mulai Siapkan Pengamanan Pilkada

Simalungun, MISTAR.ID

Polres Simalungun menggelar kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Operasi Mantap Praja Toba 2024 sebagai langkah persiapan dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah hukum Habonaron do Bona.

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Simalungun, Kompol Martua Manik menekankan pentingnya netralitas Polri dan kesiapan seluruh personel dalam mendukung suksesnya Pilkada.

“Netralitas Polri merupakan kunci menjaga kredibilitas institusi dan memastikan proses demokrasi berjalan adil,” ujar Martua Manik di Pematang Raya, Sabtu (28/9/24).

Dilanjutkannya, evaluasi kesiapan Operasi Mantap Praja Toba 2024 untuk memastikan bahwa setiap personel memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam menjaga keamanan selama tahapan Pilkada.

Baca juga: Dua Paslon Pilkada Simalungun Ditetapkan, Lanjut Undian Nomor

“Koordinasi antar-personel menjadi fokus utama untuk menangani potensi gangguan keamanan,” tambahnya.

Arahan penting lainnya perlunya setiap Kasat Gas memahami tugas masing-masing, melaporkan perkembangan melalui Sistem Operasional Taktis (SOT), dan memastikan data dikelola dengan akurat.

“Penting juga pembentukan grup komunikasi khusus bagi LO (Liaison Officer) pasangan calon untuk mempercepat alur informasi,” lanjutnya.

Penting pula pelaporan kegiatan melalui SOT dan meminta Sub Satgas Deteksi menginformasikan rencana kegiatan hari berikutnya.

“Dengan komitmen untuk menjaga keamanan dan netralitas, Polres Simalungun berupaya agar Pilkada 2024 berlangsung aman, tertib, dan demokratis,” tutup Martua. (indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles