19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Jalan Berlubang Dekat Kantor PUTR Siantar Resahkan Masyarakat

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kerusakan infrastruktur di Jalan Pdt J Wismar Saragih, Kota Pematangsiantar, dikeluhkan warga setempat. Kondisi jalan berlubang yang tampak menganga itu tak jauh dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Masyarakat menilai, jalan berlubang dapat mengancam keselamatan pengguna jalan yang dapat mengundang terjadinya kecelakaan, terlebih saat berkendara di malam hari. Pengendara sepeda motor khususnya, harus berhati-hati menghindarinya.

“Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 Kota Pematangsiantar untuk membangun infrastruktur jalan atau memperbaiki tak ada ya? Atau anggaran tak terduga gitu?” tanya warga setempat bermarga Nainggolan, Sabtu (28/9/24).

Padahal, kata dia, Presiden Joko Widodo tengah fokus-fokusnya dalam pembangunan infrastruktur. Di mana, Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam pemerataan infrastruktur.

Baca juga: Satpol PP Siantar Minta Warga Laporkan soal Rokok Ilegal, Kerahasiaan Dijamin

“Menurutku di zaman sekarang ini survive-lah pemerintahnya. Agak aneh terdengar kalau di perkotaan masih ada jalan rusak. Sebab jalan rusak dapat menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, warga lain mengatakan kerusakan aspal yang membuat jalan berlubang itu sudah terjadi sejak lama. Pasca cuaca tak menentu, badan jalan amblas menuju sungai yang berada di sisinya.

“Inisiatif warga kemarin-kemarin membuat tanda bambu di lokasi agar pengendara mengetahui jalan rusak itu. Semoga tidak ada korban saat melintas. Dan harapannya juga semoga cepat dibetulin pihak terkait,” ucap ibu 3 anak itu.

Terpisah, Kabid Jalan dan Jembatan PUTR Pematangsiantar, Rado Hotrin Simatupang mengaku lubang menganga terjadi sudah 2 bulan lamanya. Ia mengatakan ratusan juta rupiah dibutuhkan dalam perbaikan jalan yang tak jauh dari Kantor Polsek Siantar Martoba itu.

Baca juga: Maksimal Pengeluaran Dana Kampanye Pilkada Siantar Rp18,9 M, Peserta Kampanye Akbar 6000 orang

“Kita sudah kaji persoalan jalan itu dalam perbaikan. Semoga dalam waktu dekat di P-APBD 2024 ya,” katanya via sambungan Whatsapp.

Rado juga menyampaikan, Jalan Pdt J Wismar Saragih adalah berstatus jalan perkotaan. “Kita berharap bersama-sama jalan secepatnya dalam pengerjaan,” tandasnya.

Sebagaimana dihimpun, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar membangun rumah dinas (rumdis) Kejaksaan. Pengerjaan itu dapat dilihat dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Dilihat pada LPSE, Pembangunan rumdis berada di daerah Jalan Sibatu-batu. Proyek itu berada di Dinas PUTR. Tender diketahui menggunakan APBD 2024. Pengerjaan rumdis itu bernomor tender 2070526 dengan nilai pagu paket Rp1,7 miliar. (jonatan/hm25)

Related Articles

Latest Articles