21.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Profil Paslon Effendi Napitupulu – Audi Murphy Sitorus: Berpengalaman di Legislatif dan Eksekutif

Toba, MISTAR.ID

Tiga pasangan calon (paslon) di Toba sudah ditetapkan oleh KPUD Toba dan saat ini telah memasuki masa kampanye. Satu di antara paslon yang memiliki pengalaman di lembaga legislatif dan eksekutif adalah Efendi Napitupulu – Audi Murphy Sitorus.

Effendi Napitupulu merupakan calon bupati dengan nomor urut 3 ini memulai pendidikannya di SD Negeri 175811 Porsea. Lalu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Santa Maria Medan. Untuk tingkat SMA, ia kembali ke kampung halamannya dan sekolah di SMA  Negeri 2 Balige. Ia kembali ke Medan untuk melanjutkan perkuliahan di Universitas Nommensen Medan.

Karir politiknya dimulai sebelum ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Toba pada tahun 2014 – 2019. Kepercayaan publik kembali ia peroleh hingga mengantarkan Partai Golkar sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Toba pada periode 2019 – 2024. Dengan demikian, sebelum ia mencalonkan diri sebagai calon bupati Toba, ia dipercaya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Toba. Sejak tahun 2015, ia sudah dipercaya sebagai Ketua DPD Partai Golkar di Toba.

Baca juga:Ini Buktinya Paslon Effendi-Murphy Semakin Dipercaya Masyarakat Toba

Selain karir politik, ia juga mengasah kepemimpinannya melalui berbagai organisasi. Tahun 2013 – 2018, ia terpilih sebagai Ketua DPD AMPI Kabupaten Toba. Selanjutnya, pada tahun 2022- 2027, ia didaulat sebagai Wakil Ketua DPD AMPI Sumatera Utara.

Audi Murphy Sitorus adalah calon wakil bupati Toba pada pilkada 2024 ini di Toba. Ia siap mendampingi Effendi Napitupulu. Pengalamannya birokrasinya termasuk sempurna karena telah menjabat Sekda Kabupaten Toba pada tahun 2014 – 2017 dan 2019 – 2022.

Ia memulai pendidikan di SD Negeri 173659 Lumban Lobu dan dilanjutkan ke SMP Negeri Lumban Lobu. Untuk tingkat SLTA, ia mengecap pendidikan di SLTA Swasta Tagore. Di tingkat perkuliahan, ia mengecap pendidikan di IKIP Medan dan Unika Santo Thomas Medan. Pendidikan S-2, ia raih di Unimed.

Baca juga:Sempat Diwarnai Protes, Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Toba Cabut Nomor Urut

Selain sebagai Sekda, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada tahun 2018 – 2019. Lalu, pada tahun 2022 – 2024, ia menjabat sebagai Staf Ahli Bupati bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan.

Sebagai seorang ASN, ia juga memeroleh sejumlah penghargaan, antara lain, Lulusan Terbaik Diklat Kepemimpinan Tingkat III, Camat Terbaik II Sumatera Utara, Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dan Satya Lencana Gerakan Pramuka Melati.

Beberapa hari ini, paslon ini melantik sejumlah koordinator kecamatan (korcam). Dengan berbagai konsolidasi dan pertemuan dengan masyarakat di 16 kecamatan di Toba, paslon menyampaikan visi dan misi yang sudah disusun.

Baca juga:Bawaslu Tapteng Segera Putuskan Terkait Laporan Masinton Pasaribu-Mahmud Effendi Lubis

Soal visi – misi, paslon telah mengkaji apa yang mengkaji apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di setiap kecamatan. Sebagai warga dan berkarir di Toba, paslon ini mengerti apa kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, pemetaan kebutuhan dan solusi permasalahan akan lebih mudah dilakukan setelah mengetahui potensi setiap kecamatan.

Dalam keterangannya, Audi Murphy menyebutkan, pihaknya fokus mendapatkan dukungan yang tulus dari masyarakat, peserta pemilih. Ia juga berharap, setiap paslon tak perlu menjelekkan yang lain guna mendapatkan dukungan  masyarakat.

“Kita tak perlu menggunakan trik aneh guna mendapatkan dukungan masyarakat. Kita sampaikan visi-misi secara detail dan bukan sebatas janji. Apapun hasilnya saat pilkada, kami tetap tinggal di Toba. Tentu sebagai warga Toba dan berkarir di Toba, kita memahami apa yang dibutuhkan oleh masing-masing kecamatan,” pungkasnya. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles