21.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

Fispra UDA Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Pertanian kepada Kelompok Tani

Medan, MISTAR.ID

Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Sastra (Fispra) Universitas Darma Agung (UDA) melakukan pengabdian masyarakat kepada sejumlah kelompok petani di Desa Pagarjati Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung hingga November mendatang.

Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini mengusung judul yaitu ‘Penerapan Komunikasi Pemasaran Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Peningkatan Produk Dan Sosial Kemasyarakatan Kelompok Tani Dosroha’ yang bertujuan untuk membantu petani menyesuaikan diri dengan Era revolusi digital 4.0 dan 5.0.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Besti Rohana Simbolon mengajak para petani agar lebih aktif menggunakan internet untuk mencari informasi seputar pertanian. Digitalisasi, lanjutnya, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Dalam perencanaan, mereka juga akan melatih para petani muda untuk menjadi petani milenial yang dapat mengelola website yang berisi informasi seputar pertanian dan akan dipublikasikan melalui inspirasipetani.com.

Baca Juga : Pengabdian Masyarakat Dosen Unimed di SD Syarif Ar Rasyid Medan Tenggara

“Selain sosialisasi kita juga akan mengadakan pelatihan seperti membuat iklan pemasaran produk, pembuatan dan pengeditan video konten kreatif dan pengelolaan website inspirasi tani,” katanya, Jumat (27/9/24).

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bahwa kelompok tani harus memanfaatkan kehidupan sosial kemasyarakatan dalam kegiatan pertanian untuk memasarkan hasilnya melalui teknologi, sehingga tidak menjadi objek tengkulak.

“Kita berharap agar kelanjutan pangan dapat terjaga, agar pertanian yang memberikan hasil yang signifikan dapat dinikmati para petani. Bersama-sama memikirkan bagaimana hasil pertanian dapat dikenal masyarakat di luar Deli Serdang,” tutupnya. (susan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles