21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

Kacamata Orion Milik Meta Antara Dunia Nyata dan Digital

Jakarta, MISTAR.ID

Meta baru saja meluncurkan kacamata augmented reality (AR) bernama Orion, yang diklaim sebagai kacamata AR paling canggih yang pernah dibuat. Orion dirancang untuk memadukan penampilan dan nuansa seperti kacamata biasa, namun dengan kemampuan imersif AR.

Artinya, Orion memungkinkan pengguna untuk tetap hadir di dunia fisik sambil mengakses informasi digital.

Meta pertama kali mengumumkan rencana pengembangan kacamata AR lima tahun lalu. Orion dirancang untuk menggabungkan dunia fisik dan virtual, menawarkan pengalaman yang membuat pengguna lebih terhubung dan diberdayakan.

Kacamata ini menjembatani kebutuhan untuk memilih antara dunia nyata dan informasi digital, sehingga orang dapat berinteraksi dengan keduanya secara bersamaan.

Baca juga: Wow, Kacamata AR Milik Apple Dibandrol Rp52 Juta

Salah satu fitur utama Orion adalah integrasi Meta AI. Ini adalah sebuah asisten pintar yang dapat mengenali apa yang dilihat pengguna di dunia nyata dan memberikan visualisasi yang relevan.

“Misalnya, pengguna dapat meminta resep makanan hanya dengan membuka kulkas dan melihat bahan yang tersedia, atau melakukan panggilan video tanpa harus memegang ponsel,” jelas perwakilan Meta, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (27/9/24).

Selain itu, Orion dilengkapi dengan inovasi miniaturisasi, sehingga komponen-komponennya dapat dimuat dalam perangkat yang sangat kecil namun tetap nyaman dipakai sehari-hari.

Belum cukup sampai di situ, Orion menawarkan bidang pandang terbesar dibandingkan kacamata AR lainnya, yang memungkinkan pengalaman multitasking, hiburan, hingga melihat hologram orang seukuran aslinya.

Hal yang membuat Orion beda dari perangkat AR lainnya adalah tampilannya yang menyerupai kacamata biasa, tidak seperti headset MR yang besar. Pengguna masih bisa melihat mata dan ekspresi orang lain, sehingga interaksi sosial terasa lebih alami.

Orion juga memungkinkan pengguna berkomunikasi secara hands-free, melakukan panggilan video, dan mengelola aktivitas sehari-hari tanpa perlu mengeluarkan ponsel. Meta menyatakan bahwa mereka terus mengembangkan pengalaman baru dengan Orion dan akan memperkenalkan lebih banyak fitur di masa mendatang. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles