18.6 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Pilkada Semakin Dekat, Bawaslu Sumut Gelar Peningkatan Kapasitas Pengawasan

Medan, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar acara peningkatan kapasitas pengawasan dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2024 di Medan International Convention Center, beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih dua ribu peserta, mulai dari Pimpinan Bawaslu kabupaten/kota dan Panwascam Kabupaten/Kota beserta Kesekretariatan Bawaslu dan Panwascam kabupaten/kota.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sumut M Aswin Diapari Lubis menyampaikan untuk selalu menjaga integritas dan soliditas sebagai pengawas, serta selalu berkoordinasi dengan pimpinan Bawaslu.

“Selama menjalankan tugas tetap jaga kesehatan, fisik harus kuat dan tidak boleh lemah sampai Pilkada selesai dan harapannya teman-teman pengawas juga dapat memahami serta menjalankan tugas dan wewenang sebagai pengawas sesuai dengan perundang-undangan dalam memastikan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Aswin lewat keterangan tertulis dilihat, Kamis (26/9/24).

Baca Juga : Bawaslu Sumut Gelar FGD Maksimalkan Ruang Partisipasi Publik

Pada kesempatan yang sama, Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran.

“Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman pengawas di seluruh kabupaten/kota, teman-teman pengawas harus bisa mengajak semua pihak untuk saling menghargai dan dapat berlaku adil dalam menjalankan tugas. Jaga soliditas pimpinan dan sekretariat (satukan pemahaman),” kata Saut.

Saut juga menegaskan, pengawas harus dekat dengan rakyat. Bangun terus komunikasi, buka ruang bicara, saluran keluar masuk informasi.

“Buang segala jenis keangkuhan dan arogansi. Untuk jajaran Panwascam ke bawah, jika terdapat masalah-masalah krusial segera berkoordinasi dengan pimpinan Bawaslu kabupaten/kota masing-masing. Rangkul stakeholder,” tegasnya.

Untuk sukseskan Pilkada serentak ini, menurut Saut, Divisi Humas harus sediakan siaran pers agar kerja-kerja Bawaslu dapat diketahui secara luas oleh masyarakat.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles