18.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Calon Tunggal Pilkada Asahan, Basarin: Kita Tetap Antisipasi Potensi Kerawanan

Asahan, MISTAR.I

Hari pertama bertugas sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Asahan, Basarin Yunus Tanjung langsung mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu, usai melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pada Kamis (26/9/24).

Basarin mengatakan salah satu prioritas tugasnya di dalam Surat Keputusan (SK) sebagai Pj Bupati Asahan adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban, dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Seperti diketahui, Pilkada Asahan 2024 ini merupakan calon tunggal, namun Basarin tetap mengantisipasi potensi kerawanan.

Baca juga:Basarin Yunus Tanjung Resmi jadi Pjs Bupati Asahan

“Potensi kerawanan itu bisa dimulai dari kesiapan penyelenggaraan, sehingga semua harus bisa dipastikan semua berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dari hasil kunjungan baik di KPU maupun di Bawaslu, menurut Basarin sudah berjalan dengan baik

Selain itu lanjut Basarin, kericuhan itu bukan saja dikarenakan adanya persaingan antar peserta Pilkada, bisa juga disebabkan oleh orang-orang yang ingin cari panggung yang sengaja membuat kegaduhan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu) ini menilai, dari hasil pemetaan Bawaslu, kondisi Pilkada di Asahan masuk dalam kategori rawan sedang.

Baca juga:Koordinator JPPR Soal Potensi Kotak Kosong di Pilkada Asahan

“Kalau dari segi penyelenggara sejauh ini tidak ada masalah, hingga tingkat kecamatan dan desa sudah dalam proses,” tegasnya.

Saat ini kesiapan Pilkada di Asahan baik perlengkapan maupun personel dalam proses semuanya dan mudah2 siap sampai hari penyelenggara nanti. Meski potensi kerawanan tetap ada, namun Basarin bilang hal itu tidak signifikan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Asahan, Paringgonan Siregar mengatakan sejauh ini belum ada menemukan pelanggaran. Kendati demikian, Bawaslu tetap melakukan antisipasi.

“Kita kan sifatnya preventif, pencegahan, mengingatkan kepada stakeholder mana yang boleh dan tidak boleh,” ucap Paringgonan.

Baca juga:Pilkada Asahan, Balon Petahana Masih Tunggu Kandidat Wakil

Seperti diketahui, Pilkada Asahan hanya 1 pasangan calon (paslon) yang akan bertarung. Paslon Taufik Zainal Abidin dan Rianto akan bertarung melawan kotak kosong. (rika/hm16)

Related Articles

Latest Articles