17.9 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Pjs Bupati Sergai Ajak Masyarakat Wujudkan Pilkada Damai dan Aman 

Sergai, MISTAR.ID

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Parlindungan Pane, menyerukan kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif dan damai dalam rangka Pilkada serentak 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan saat menghadiri Deklarasi Pilkada Damai 2024 yang digelar di Hotel Grand Mercure, Medan, pada Rabu (25/9/24). Acara ini turut dihadiri oleh pasangan calon, partai politik, serta sejumlah instansi pemerintahan dari Sumatera Utara.

Parlindungan Pane menekankan bahwa dukungan penuh dari masyarakat diperlukan untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, tertib, dan damai, khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kami mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2024 baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban demi terciptanya pemilu yang damai dan aman,” ujar Parlindungan Pane.

Baca juga: Penembakan Siswa SMP di Sergai, KontraS: Ungkap Segera Mungkin

Ia juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurutnya, partisipasi aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk menentukan masa depan daerah dan menghormati proses demokrasi.

“Pilkada ini bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga menjaga kehormatan demokrasi kita. Mari berbondong-bondong menuju TPS pada hari pemungutan suara, dan bersama-sama memilih pemimpin yang berkualitas,” katanya.

Lebih jauh, Parlindungan mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi provokasi serta berita hoaks yang dapat memicu konflik dan merusak kerukunan. Ia mengimbau agar masyarakat tetap bersatu dan menjaga suasana damai selama proses Pilkada.

“Kita harus bijak dalam menyikapi informasi, hindari hoax, ujaran kebencian, dan segala macam provokasi yang dapat memecah belah kita. Mari kita jaga persatuan di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” tegasnya.

Baca juga: Polres Sergai Musnahkan 6.831 Gram Sabu dari 2 Tersangka

Dalam acara yang sama, Pelaksana Jabatan (Pj.) Gubernur Sumatera Utara, A. Fatoni, juga memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumatera Utara, yang menjadi contoh keberhasilan provinsi ini dalam menggelar acara besar.

“Sumatera Utara telah berhasil menyelenggarakan PON dengan sukses. Saya optimis, dengan kerjasama seluruh pihak, Pilkada serentak 2024 juga akan berjalan aman dan lancar,” ungkap Fatoni.

Dengan keberagaman suku, agama, dan budaya, Sumatera Utara diharapkan mampu menjadi barometer nasional dalam pelaksanaan Pilkada damai. Fatoni menekankan pentingnya menghindari isu-isu yang dapat memecah belah dan merusak kerukunan masyarakat.

“Kita memiliki tanggung jawab besar menjaga Sumatera Utara tetap damai. Dengan semangat persatuan, saya yakin Pilkada ini akan berjalan dengan aman dan sukses,” pungkas Fatoni.

Acara deklarasi ini diharapkan mampu memperkuat komitmen seluruh pihak untuk mewujudkan Pilkada yang damai dan bermartabat di Sumatera Utara. (damanik/hm25)

Related Articles

Latest Articles