17.2 C
New York
Wednesday, September 25, 2024

Peringatan Maulid Nabi, Pj Bupati Deli Serdang Ajak Umat Islam Teladani Akhlak Rasulullah

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman menyebutkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan bisa menjadi titik balik dalam memperbaiki akhlak. Karena, sejatinya akhlak yang paling mulia adalah akhlaknya Rasulullah SAW.

“Maulid Nabi Muhammad jangan hanya dijadikan sebagai acara seremonial, tetapi juga sebagai sarana untuk mempertebal keimanan kepada Allah SWT,” kata Wiriya dalam sambutannya ketika menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M Kabupaten Deli Serdang di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah, Lubuk Pakam, pada Rabu (25/9/24).

Menurut Wiriya, pada kenyataannya banyak hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari momentum tersebut. Terlebih lagi, jika semakin didalami dan dihayati, maka semakin terasa agungnya nilai-nilai luhur ajaran Islam. Sehingga, wajar bila peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut diperingati oleh umat muslim, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga:Peringatan Maulid Nabi, Polres Labusel Bahas Toleransi

“Esensinya adalah untuk memperteguh rasa cinta kita kepada Rasulullah, meneladani akhlak dan kepribadian beliau beserta memperkuat iman dan keyakinan, serta ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” paparnya.

Ia juga mengajak seluruh umat muslim di daerah itu untuk menjadikan akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dalam membangun Kabupaten Deli Serdang yang religius dan berakhlak mulia.

Dalam kesempatan itu, Wiriya turut menyampaikan perihal tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara (Sumut) dan Deli Serdang.

“Mulai hari ini, sudah sampai ke tahapan masa kampanye. Pilihan boleh berbeda-beda, tetapi kerukunan, kebersamaan, dan ketenteraman itu wajib kita pegang teguh pada prinsip-prinsip pemilihan. Kita harus menyambut Pilkada ini dengan penuh kegembiraan. Ini adalah pesta demokrasi, rakyat harusnya bergembira,” ungkapnya.

Baca juga:Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW di RSUD, Wali Kota Siantar Ajak Introspeksi Diri

Karena itu, Wiriya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Deli Serdang, untuk menggunakan hak suaranya pada prosesi Pilkada nantinya, dengan memilih pemimpin yang menurut masyarakat bisa membangun Sumut dan Deli Serdang ke depan.

“Semoga tahapan kampanye ini sampai nanti ke penetapan pemenang dan pelantikan bisa berjalan lancar, damai dan tenteram,” tuturnya.

Sebelumnya, Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Syahrul menambahkan, peringatan maulid tersebut bertujuan untuk mengenang peristiwa lahirnya dan perjalanan Nabi Muhammad SAW guna meneladani akhlak, kesederhanaan, serta kepemimpinannya.

Turut hadir di acara itu, Dandim 0204/DS, Letkol Inf Alex Sandri, Wakapolresta Deli Serdang, Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Citra Efendi Capah, Kakan Kemenag, Syarifuddin Daulay, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI setempat, KH Amir Panatagama, Ketua Pengadilan Agama dan pejabat, Juaini, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Waluyo, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa/lurah, organisasi masyarakat/agama dan lainnya. (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles