15.7 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

RSI Serahkan 52.000 Benih Ikan Tilapia Ke Pokdakan Toba

Toba, MISTAR.ID

Penyerahan 52.000 benih ikan tilapia atau lebih dikenal dengan sebutan ikan nila, diserahkan Regal Spring Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) dengan Pemkab Toba kepada 10 kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di UPTD Pertanian di Desa Landbouw, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Toba, Joni Hutajulu membenarkan 10 pokdakan di daerah itu telah menerima bantuan benih ikan tilapia, pada Senin (23/9/24) dalam upaya pengembangan sektor perikanan masyarakat Toba.

Atas bantuan tersebut Joni mengapresiasi dukungan RSI dalam mengembangkan perikanan budidaya di Kabupaten Toba.

Baca juga:18 Pokdakan di Simalungun Terima Bantuan Pemerintah, Dorong Pengembangan Usaha Perikanan

“Potensi perikanan dari kelompok pembudidaya di Kabupaten Toba akan terus kita kembangkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap, pokdakan dapat berperan aktif sebagai motor penggerak dalam mengembangkan perikanan budidaya di daerah ini. Bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi dan pendapatan anggota pokdakan,” ujarnya, pada Selasa (24/9/24).

Ia juga menekankan pentingnya peran pokdakan sebagai wadah bagi para pembudidaya ikan untuk saling bertukar informasi, pengalaman, wawasan dan teknologi, serta meningkatkan kapasitas mereka.

Pihak perusahan berharap dengan bantuan benih ikan yang mereka berikan kepada masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai pembudidayaan ikan.

“Kami mendukung upaya Pemkab Toba dalam menjaga keseimbangan populasi ikan di Danau Toba. Melalui penyerahan benih ikan ini, kami berharap dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan pembudidayaan ikan masyarakat setempat, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Arum P Handayani selaku Head of Legal & Corporate Affairs RSI.

Baca juga:Bantuan Excavator pada Pokdakan Sukajadi Makmur Diharapkan Tingkatkan Budidaya Ikan di Sergai

Seperti diketahui, RSI memiliki komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan telah aktif melakukan kegiatan restocking (penebaran benih ikan ke perairan umum) di sekitar wilayah operasionalnya untuk peningkatan produksi pembudidaya lokal.

“Sejak tahun 2019 hingga 2022, lebih dari 500.000 benih ikan tilapia telah ditebar di perairan yang berada di wilayah Kabupaten Toba dan Samosir,” tandas Arum. (nimrot/hm16)

Related Articles

Latest Articles