15.7 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

BPK Wilayah II Sumut Sambut Mahasiswa Magang Bersertifikat Kebudayaan

Medan, MISTAR.ID

Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar acara penyambutan mahasiswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Dharma Kelana Putra, selaku Mentor pada Program Magang Bersertifikat Kebudayaan di BPK Wilayah II Provinsi Sumut menjelaskan, saat ini ada dua program yang sedang berjalan yakni MSIB dan juga Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung.

“MSIB ada 18 orang dan dari IAKN Tarutung ada 4 orang. Jadi total keseluruhan ada 22 orang, yang mana akan ditempatkan ke 7 kabupaten/kota di Sumut,” ujarnya, Selasa (24/9/24).

Dharma mengatakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan program magang melalui MSIB untuk membantu pembenahan Data Pokok Kebudayaan (DAPOBUD).

Baca Juga : Temuan BPK 2023, Pengamat Anggaran: OPD Pemkab Simalungun Harus Berbenah

Program ini bertujuan untuk memperbaiki dan melengkapi data terkait objek diduga cagar budaya (ODCB) dan objek pemajuan kebudayaan (OPK).

“Data pokok kebudayaan merupakan kumpulan data penting. Saat ini data tersebut masih belum lengkap dan memerlukan banyak perbaikan. Oleh karena itu, para peserta magang akan ditempatkan di dinas-dinas kabupaten/kota untuk membantu memperbaiki data tersebut,” lanjutnya.

Ia berharap mahasiswa dari berbagai jurusan ini turut andil dalam program pemajuan kebudayaan di skala yang lebih kecil. “Kemudian harapan kami mereka bisa berkembang bersama kami dan bisa mengambil banyak pengalaman selama mereka magang di sini. Jadi 3 bulan magang itu mereka nggak cuma dapat capeknya, dapat lelahnya, tapi juga dapat hikmahnya,” sambungnya. (susan/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles