18.7 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Polres Samosir Simulasi Sispamkota dan Penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai

Samosir, MISTAR.ID

Polres Samosir menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan penandatanganan deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai 2024, pada Selasa (24/9/24) di Tanah Lapang Pangururan.

Kegiatan itu dihadiri oleh pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), DPRD, serta perwakilan partai politik (parpol) dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Samosir, Vincent Sitinjak mengatakan, Pilkada ini adalah momen demokrasi yang sangat penting. “Partisipasi masyarakat dalam suksesnya Pilkada sangat besar, supaya hasilnya baik,” ujarnya.

Baca juga:Deklarasi Pilkada Damai di Tapsel Dimeriahkan Tari Kijom

Sementara itu, Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman menegaskan dukungan penuh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terhadap pelaksanaan Pilkada Damai.

“Gunakanlah hak pilih masing-masing dan hindari pertikaian,” imbuhnya.

Yogie juga menghimbau masyarakat untuk tidak golput dan menjaga perdamaian, dengan mengingat semboyan Batak Toba, Dalihan Natolu.

Simulasi Sispamkota berlangsung dengan berbagai skenario, termasuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), penanganan tindak pidana, dan aksi unjuk rasa.

Baca juga:Langkat Deklarasi Pilkada Damai

Personel Polres Samosir berperan sebagai petugas KPU, Bawaslu, serta massa simpatisan, memperagakan situasi yang mungkin terjadi selama pemilihan.

Setelah simulasi, paslon bupati dan wakil bupati menyampaikan keyakinan bahwa Polres Samosir siap mengamankan Pilkada. Juga menyerukan kepada tim pemenangan untuk berpolitik dengan damai dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan.

Pejabat Sementara (Pjs) Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol Vandu Marpaung, mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah akhir pihaknya dalam persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024, dengan tujuan utama menciptakan suasana damai selama proses Pilkada 2024.

“Kita juga berharap agar seluruh penyelenggara Pilkada bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif,” katanya mengakhiri. (pangihutan/hm16)

Related Articles

Latest Articles