16 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Deklarasi Pilkada Damai di Tapsel Dimeriahkan Tari Kijom

Tapsel, MISTAR.ID

Tarian tradisional dengan lirik lagu ‘Kijom’ mengawali sekaligus memeriahkan deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Damai Serentak, di Alun-alun, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), pada Selasa (24/9/24).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapsel, Zulhajji Siregar didampingi komisioner yang hadir menyebut, kampanye Pilkada Serentak dimulai 25 September hingga 23 November 2024.

Jenis kampanye, ada tatap muka ada juga pertemuan terbatas. Namun, perlu diingatkan, agar masing-masing tim menyampaikan jadwal pada Polres dan ditembuskan ke KPU maupun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tapsel.

Baca juga:Dua Paslon Sepakat Pilkada Damai di Tapteng

“Kepolisian selaku pengaman dan pengayom harus mengetahui waktu dan tempat kampanye, demi terwujudnya kampanye dan Pilkada damai,” sebut Zulhajji , sambil berharap kampanye terlaksana dengan baik hingga hari pemungutan suara.

“Hita do sanari, hita acogot hita do haduan,” tutupnya.

Kapolres Tapsel, AKBP Yassir Ahmadi menyebut, deklarasi damai ini merupakan wujud komitmen bersama dalam menciptakan, suasana kampanye Pilkada yang sejuk dan damai.

Disampaikan, alangkah baiknya pada pelaksanaan pada Pilkada ini mempedomadi azas luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia). Dan menaruh harapan agar menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Baca juga:Gandeng Ketiga Paslon, KPU Kota Medan Gelar Deklarasi Kampanye Damai

“Polri dan TNI siap menjaga kamtibmas di bumi dalihan natolu,” kata Yassir.

Disebutkan, ditinjau dengan letak geografis, Kabupaten Tapsel memiliki berpotensi kerawanan, pada pelaksanaan Pilkada yaitu, kondisi musim hujan. Karena itu, KPU diharapkan ada koordinasi untuk mengatasi terjadinya potensi keterlambatan pendistribusian logistik.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tapsel,Rasyid Assaf Dongoran menyebut, memasuki masa kampanye Pilkada, masing-masing pihak harus menjaga dan mengedepankan kekondusifan.

“Jangan ada narasi yang memperkeruh kekondusifan. Pilihlah yang betul-betul ingin membangun. Kita harus harus mengikuti Pilkada, tetapi harus tetap bersaudara,” ungkapnya seraya mengucapkan selamat menikmati pesta demokrasi.

Baca juga: Deklarasi Kampanye Damai, KPU Sumut: Tingkatkan Kesadaran Politik

“Pimpinlah daerah ini menuju kemajuan,” sambungnya.

Hadir pada deklarasi itu, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tapsel dan Dandim 0212/TS, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), dan pendukung kedua pasangan calon (paslon). (amran/hm16)

Related Articles

Latest Articles