16.5 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Basarin Yunus Tanjung Resmi jadi Pjs Bupati Asahan

Asahan, MISTAR.ID

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu), Basarin Yunus Tanjung, resmi menjabat sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Asahan.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni, dalam acara pengukuhan Pjs Bupati dan Wali Kota di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Senin (23/9/24) kemarin di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.

“Pjs Bupati Asahan saat ini adalah Bapak Basarin Yunus Tanjung yang semalam baru dilantik oleh Pj Gubernur Sumut,” kata Plt Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Arbin Ariadi Tanjung saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (24/9/24).

Baca juga: Bobby Sindir Proyek Jalan Rusak di Asahan Masa Edy, Nilainya Rp 2,7 T

Sebelumnya, acara pengukuhan Pjs Bupati Asahan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Zainal Arifin Sinaga, yang didampingi oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asahan.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan, Arbin Ariadi Tanjung, menyampaikan bahwa pelantikan Basarin Yunus Tanjung sebagai Pjs Bupati Asahan diadakan bersamaan dengan pelantikan 11 Pjs lainnya dari kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Basarin Yunus Tanjung diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3-3793 Tahun 2024 tentang Penunjukan Pejabat Sementara Bupati dan Wali Kota di Provinsi Sumatera Utara yang ditetapkan pada 19 September 2024.

Masa tugas Pjs Bupati akan berlangsung selama kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang dimulai pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024. Setelah masa kampanye selesai, para bupati dan wali kota yang tengah cuti karena mencalonkan diri dalam Pilkada serentak akan kembali aktif menjabat.

Baca juga: Atlet Asahan Raih 37 Medali PON XXI, Pemkab Diperkirakan Siapkan Bonus Rp4,3 Miliar

Pada kesempatan lain, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs. Zainal Aripin Sinaga, menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh tugas Basarin Yunus Tanjung selama masa jabatannya sebagai Pjs Bupati Asahan.

“Kami siap mendukung sepenuhnya kepemimpinan Pjs Bupati Basarin Yunus Tanjung guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan serta memastikan pelayanan publik tetap optimal,” ujar Zainal.

Pjs Bupati Basarin Yunus Tanjung sebelumnya menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprovsu, dengan pengalaman yang mendalam di bidang pemerintahan.

Diharapkan, kehadirannya sebagai Pjs Bupati Asahan Basarin Yunus Tanjung dapat membawa manfaat besar dalam menjaga stabilitas pemerintahan selama masa transisi Pilkada 2024 di Kabupaten Asahan. (perdana/hm25)

 

 

Related Articles

Latest Articles