16.5 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Polres Simalungun Pastikan Tak Ada Rawan Konflik Jelang Pilkada

Simalungun, MISTAR.ID

Kasat Intel Polres Simalungun, IPTU Ridho Pakpahan, memastikan bahwa situasi di wilayah Habonaron Do Bona tetap aman dan terkendali menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun. Menurutnya, hingga saat ini tidak ditemukan potensi konflik di 32 kecamatan yang tersebar di wilayah tersebut.

“Tantangannya lebih kepada luasnya wilayah Simalungun, namun sejauh ini tidak ada kerawanan konflik yang teridentifikasi,” ujar Ridho, Selasa (24/9/2024).

Selain itu, pihak kepolisian telah menyerahkan Liaison Officer (LO) kepada masing-masing pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati untuk mendampingi aktivitas mereka sehari-hari serta bertindak sebagai pengawal pribadi. Ridho juga mengingatkan pentingnya menjaga kedamaian selama masa kampanye yang akan segera dimulai.

Baca juga:Bawaslu Pematangsiantar Belum Sampaikan Tingkat Kerawanan Pilkada 2024

“Situasi masih kondusif. Kami berharap Kabupaten Simalungun tetap damai dan tentram selama seluruh tahapan Pilkada berlangsung,” tambahnya.

Tahapan kampanye Pilkada Simalungun akan dimulai pada 25 September dan berlangsung hingga 23 November 2024, setelah penetapan nomor urut pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun.

Dalam pengundian yang digelar Senin (23/9) di Aula KPU Simalungun, pasangan Radiapoh Hasiholan Sinaga-Azi Pangaribuan mendapatkan nomor urut 1, sementara pasangan Anton Ahcmad Saragih-Benny Gusman Sinaga memperoleh nomor urut 2.

Setelah menerima nomor urut, kedua paslon mendeklarasikan komitmen kampanye damai dan menandatangani deklarasi tersebut bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta KPU Simalungun.(indra/hm17)

Related Articles

Latest Articles