19.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Mantan Karateka Nasional Harap Pemerintah Perbanyak Kejuaraan di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Mantan Atlet Karateka Nasional, Janpiter Napitupulu berharap pemerintah perbanyak kejuaraan di Sumatera Utara (Sumut) karena banyaknya atlet Karate yang berpotensi. Ia juga berharap pembinaan berkelanjutan terhadap atlet juga dilakukan.

“Salah satu pembinaan berkelanjutan dengan mengadakan berbagai kompetisi kejuaraan di Sumut. Dan harapan kita ke pemerintah agar bisa mengadakan event dua-tiga kali dalam setahun, sehingga jam terbang atlet muda bisa lebih banyak,” ujarnya kepada mistar.id, Selasa (24/9/24).

Menurut atlet yang pernah meraih medali perunggu di Sea Games Vietnam tersebut menilai kejuaraan di Sumut masih kalah dengan yang ada di Pulau Jawa.

“Dibanding di pulau Jawa kita ketinggalan untuk event-event kejuaraan. Saya sebagai mantan atlet nasional berharap ke pemerintah bisa membantu atlet yang betul-betul bersungguh-sungguh ingin berprestasi agar diringankan dengan tidak adanya uang pendaftaran event,” ungkapnya.

Baca juga: Pencari Bakat PB FORKI Akui Karateka Sumut Berpotensi Masuk Timnas

Mantan Karateka yang juga Perwira Polisi tersebut pun menilai keberhasilan Karate Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 kemarin sudah cukup baik.

“Ya kalau hasil PON XXI 2024 kemarin, kan Sumut meraih 3 emas, 2 perak dan 6 perunggu, jadi kalau saya lihat hasil dari pemusatan latihan yang dilakukan selama lebih dari dua tahun dengan hasil yang tadi, itu sudah luar biasa,” tuturnya.

Janpiter mengatakan hasil di PON XXI 2024 sudah lebih baik dibanding edisi PON sebelumnya, dirinya berharap para atlet bisa terus berkembang.

“Hasil itu sudah luar biasa mengingat di PON XX Papua kita tidak satupun meraih emas, saya juga melihat potensi atlet-atlet khususnya yang meraih medali emas bisa lebih baik lagi kedepan,” harapnya.

Baca juga: Karateka Jakarta Annisa Penuhi Janji Emasnya Kepada Maya Sheva di PON XXI 2024

Sebagai atlet yang pernah membela Indonesia di kancah internasional, Janpiter menilai ada peluang para atlet Karate Sumut bisa tampil di kejuaraan yang lebih tinggi.

“Tentu ada atlet yang potensial dan berpotensi bermain di Sea Games dan Asian Games, karena biasa PON ini jembatan ke Sea Games dan Asian Games. Semoga mereka masuk Pelatnas dan bisa mengikuti event-event kejuaraan internasional kedepannya,” pungkasnya. (iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles