18.6 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Mpox Varian Baru Terdeteksi di India

New Delhi, MISTAR.ID

Menurut laporan dari media di India, tercatat ada kasus pertama varian baru cacar monyet (monkey pox/mpox) strain clade 1b yang sangat menular.

Pada Senin (23/9/24) varian baru ini terdeteksi di Malappuram. Kota yanng berada di negara bagian Kerala, India bagian barat daya.

Media The Economic Times melaporkan seorang pria berusia 38 tahun yang baru saja tiba dari Uni Emirat Arab dilaporkan menunjukkan gejala seperti demam tinggi, ada ruam di kuliut seperti cacar air namun kondisinya stabil.

Sebelumnya, di awal bulan tepatnya di New Delhi kasus Mpox juga terdaftar pada pria berusia 26 tahun setelah melakukan perjalanan ke ibu kota dari negara bagian Haryana di India utara.

Ia dinyatakan positif terinfeksi strain clade 2 dari Afrika Barat, sebut The Economic Times.

Baca juga: Dinkes Pastikan Belum Ada Kasus Mpox di Sumut

Sejak pertengahan Agustus, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan wabah mpox di Afrika sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Mpox, juga dikenal sebagai cacar monyet, adalah penyakit menular langka yang dapat ditularkan antar manusia.

Gejala awal mpox meliputi demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri punggung, nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, dan menggigil.

Biasanya penyakit ini ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu, namun beberapa orang mungkin mengalami komplikasi. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles