18.2 C
New York
Monday, September 23, 2024

Pedagang Gedung IV Pasar Horas Ramai-ramai Keluarkan Barang dari Lantai Satu

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pasar Horas Gedung IV lantai II habis dilahap si jago merah, Minggu (22/9/24) lalu. Kebakaran tersebut membuat dampak yang luar biasa, hingga menimbulkan kerugian materi mencapai Rp3 miliar.

Beruntung kebakaran tidak merembes hingga ke lantai dasar, sehingga barang milik para pedagang lantai satu masih aman dan terselamatkan.

Meski gedung telah dipasangi garis polisi, para pedagang lantai satu tetap meminta dan diberikan izin mengambil barang dagangannya, agar dapat melanjutkan berjualan di tempat yang sudah ditentukan.

“Iya kami minta tadi. Biar barang kami tidak busuk, dan kami bisa berjualan Kembali,” ucap salah seorang pedagang bermarga Manurung, Senin (23/9/24) malam.

Trantib PDPHJ Josep Saragih, membenarkan bahwa memang para pedagang diberikan izin untuk mengambil barang-barang mereka.

Baca Juga : Pasar Horas Terbakar, Pemko Siantar Siapkan Bantuan Miliaran Rupiah ke Pedagang

Mereka dan personel Trantib lainnya siaga memantau dan menjaga saat para pedagang mengeluarkan barang-barang dari dalam gedung yang terbakar. “Mereka yang meminta dan ini masih berlanjut besok,” sebutnya.

Josep mengatakan, barang-barang yang dikeluarkan berupa barang yang dapat busuk, dan barang yang memang digunakan untuk berjualan. “Jadi kalau memang yang tidak begitu penting, tidak perlu dikeluarkan,” katanya.

Amatan Mistar.id sekitar pukul 22.10 WIB, terlihat ratusan pedagang secara bergantian keluar masuk, untuk mengeluarkan barang milik mereka. Selain ikan dan buah, ayam serta kandang tempat berdagang juga dikeluarkan dari dalam gedung.

Tampak juga para personel PDPHJ memperhatikan dan mengawasi orang-orang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingatkan terjadi.

Sebagaimana diketahui, gedung tersebut akan segera disegel untuk kebutuhan pemeriksaan kelaikan gedung dan juga kebutuhan pemeriksaan pihak kepolisian. (roland/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles