16.7 C
New York
Monday, September 23, 2024

Dinkes Pastikan Belum Ada Kasus Mpox di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan belum ada kasus Mpox atau cacar monyet di Sumatera Utara (Sumut). Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumut, Basarin Yunus Tanjung menegaskan jika pihaknya tetap waspada terhadap penyakit ini.

“Belum ada ya. Tapi kita tetap siap siaga untuk mengantisipasi,” ujarnya, Senin (23/9/24).

Salah satu antisipasi yang dilakukan Dinkes Sumut dengan melakukan screening, hingga mengedukasi.

“Pertama kita tetap melakukan screening kalau ada ditemukan kasus mpox. Siapa kontak eratnya, kemudian kita akan mempersiapkan obat hingga rumah sakitnya,” kata Basarin.

“Kami selalu memantau perkembangan Mpox, khususnya melalui website Kementerian Kesehatan. Melalui pedoman yang ada, kami juga sudah mengimplementasikan mulai dari pencegahan hingga mendeteksi,” sambung Basarin.

Baca juga: Kemenkes Dapati 116 Suspek Mpox, Hanya Hasilnya Negatif

“Monkeypox ini ancaman serius untuk kesehatan masyarakat secara global dan kita pastinya harus bersama-sama menjaga, agar penyakit ini tidak menyebar khususnya di Sumut dengan cara strategi pencegahan hingga vaksinasi,” lanjutnya.

Basarin juga mengimbau agar masyarakat dengan jeli untuk bisa melaporkan jika menemukan ciri-ciri penyakit tersebut.

“Jika masyarakat menemukan ciri-ciri penyakit seperti demam hingga cacar, tolong diperiksakan ke layanan kesehatan agar bisa memastikan apa sakitnya. Sehingga nanti bisa ditangani lebih baik dan lebih cepat oleh petugas kesehatan,” pungkasnya.

Pantauan mistar.id melalui website Kemenkes RI, sejak 2022 hingga 2024 tercatat 88 kasus yang sudah dikonfirmasi. Pulau Jawa memiliki angka tertinggi kasus Mpox dengan rincian, DKI Jakarta 56 kasus, Jawa Barat 13 kasus, Banten 9 kasus, DIY dan Jawa Timur 3 kasus, dan 1 kepulauan Riau. (berry/hm20)

Related Articles

Latest Articles