16.7 C
New York
Monday, September 23, 2024

PDPHJ Sebut Pedagang akan Dibantu Rp 6 Juta atas Kebakaran Pasar Horas

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Kebakaran gedung IV Pasar Horas Kota Pematangsiantar pada Minggu (22/9/24) siang kemarin mengakibatkan para pedagang rugi ratusan juta rupiah. Mereka pun minta segera direlokasi agar bisa berjualan kembali.

Mak Ozan, salah seorang pedagang pakaian bekas mengaku mengalami kerugian sekitar Rp100 juta. Barang dagangannya tidak ada selamat karena saat kejadian, ia dan keluarganya sedang istirahat di rumah. Kabar adanya kebakaran didapatkan dari temannya.

“Pasar Horas kebakaran,” ujar Mak Ozan kepada mistar.id, mengulangi ucapannya temannya itu, sembari menangis, Senin (23/9/24).

Sontak ia langsung beranjak dari rumahnya dan langsung menuju Pasar Horas yang berjarak kurang lebih 500 meter dari rumahnya. Namun ia hanya bisa melihat kobaran api yang membakar gedung Pasar Horas.

Baca juga:Soal Relokasi Pedagang Pasar Horas, Susanti Berikan 3 Lokasi Alternatif

“Semua habis terbakar, enam kios hangus terbakar semua,” terangnya sembari menaksir nilai kerugiannya, khususnya dari stok barang dagangannya yang baru tiba dua hari yang lalu.
Ia yakin kerugian yang tidak kalah besar dialami pedagang monza lainnya. Sebab, biasanya mereka membuat stok dagangan setiap akhir bulan.

Untuk bertahan hidup, Mak Ozan mengaku masih menyimpan sedikit modal agar bisa berjualan kembali. Namun, sebagai korban yang telah lama berjualan di Pasar Horas, ia berharap pemerintah segera merelokasikan para pedagang dengan cepatnya.

“Semoga segera ada pasar sementara dan solusi untuk kami para pedagang ini,” pungkasnya.

Baca juga:Akibat Kebakaran, Pedagang Pasar Horas Pilih Berjualan di Jalan Merdeka

Terpisah, pedagang pisang di Pasar Horas, Rusdi, mengatakan jika dirinya sedang menyimpan pisang yang dia siapkan untuk dijual pada awal pekan nanti.

“Dikabarin ada kebakaran Pasar Horas, saya langsung ke sini. Tapi mau menyelamatkan tidak bisa, semuanya kebakar. Ada buah pisang yang sedang diimbuh dulu biar matang, itu untuk awal pekan nanti dan tidak bisa diselamatkan. Kerugian ada sekitar Rp5 jutaan, saya pasrah sekarang dan ikhlas,” katanya.

Sementara itu Dirut Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ), Bolmen Silalahi, mengatakan para pedagang di lantai II Pasar Horas akan mendapatkan bantuan masing-masing Rp6.000.000.

“Sedangkan untuk di lantai satu para pedagang mendapatkan bantuan dengan nominal Rp1.000.000,” ucapnya. (abdi/hm17)

Related Articles

Latest Articles