21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

Satpol Airud Polres Sibolga Tekankan Nelayan Utamakan Keselamatan Pelayaran

Sibolga, MISTAR.ID

Satuan Polisi Air dan Udara Polres Kota Sibolga menekankan kepada masyarakat nelayan agar lebih mengutamakan keselamatan pelayaran serta memperhatikan kondisi cuaca sebelum berlayar ke laut.

Hal itu disampaikan Kapolres melalui melalui Kasat Polairud Polres Sibolga IPTU, Syahrizal dalam kegiatan tatap muka dengan masyarakat Nelayan di Dermaga TPI Sibolga, Senin (23/9/24).

Menurut Syahrizal, kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan bagian dari klaster operasional pencegahan yang bertujuan untuk memonitor dan mengawasi aktivitas masyarakat nelayan serta memberikan pemahaman Kamtibmas saat berlayar di laut.

Melalui kegiatan tatap muka ini juga menjadi kesempatan bagi Satpol Airud Polresta Sibolga untuk berdialog langsung dengan nelayan, mendengarkan aspirasi dan keluhan mereka terkait aktivitas pelayaran dan kondisi keamanan di laut.

Baca juga: Cuaca Buruk, Ikan Jadi Langka dan Mahal di Sibolga

“Kita sampaikan pemahaman Kamtibmas kepada para masyarakat nelayan dan nahkoda kapal untuk selalu mengutamakan keselamatan pelayaran, begitu juga kita tekankan pentingnya melengkapi kapal dengan pelampung atau life jacket, tidak membawa penumpang melebihi kapasitas, serta memperhatikan kondisi cuaca sebelum berlayar,” sebut Syahrizal.

Selain itu, lanjut Syahrizal, pihaknya juga menekankan pentingnya keselamatan pelayaran dan meminta para nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem. Sebab hal itu adalah bagian dari upaya pihaknya untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap kondusif dan masyarakat nelayan merasa aman.

“Kita juga menyampaikan agar warga nelayan untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan menjelang Pilkada Serentak 2024. Menjaga kerukunan antar sesama masyarakat nelayan sangat penting, terutama dalam menghadapi situasi politik yang bisa memicu perpecahan. Kami berharap masyarakat nelayan dapat berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai,” tambahnya. (feliks/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles