18.6 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Provinsi Khorasan Utara, Iran

Teheran, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,2 mengguncang Provinsi Khorasan Utara, Iran, pada Minggu (22/9) sore, menurut laporan media pemerintah.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 16.13 waktu setempat dengan kedalaman 8 km, dan pusatnya berada di Kota Bojnord, sekitar 700 km dari ibu kota Teheran.

Badan Seismologi Iran melaporkan bahwa gempa ini merupakan susulan dari dua gempa sebelumnya yang terjadi pada hari yang sama di Bojnord dengan kekuatan masing-masing M 4,7 dan M 4,1. Kedua gempa awal tersebut telah melukai sedikitnya tujuh orang.

Gempa susulan pada Minggu sore dilaporkan merusak rumah-rumah di beberapa desa dan mencederai sejumlah warga, meskipun hingga kini belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Baca juga: Anura Kumara Dissanayake Terpilih Sebagai Presiden ke-9 Sri Lanka

Tim bantuan dari Masyarakat Bulan Sabit Merah Provinsi Khorasan Utara telah dikerahkan ke daerah-daerah yang terdampak untuk melakukan penilaian kerusakan dan memberikan pertolongan.

Iran berada di wilayah seismik aktif, yang sering mengalami gempa bumi besar. Salah satu gempa terparah dalam sejarah Iran terjadi pada 2003, ketika gempa berkekuatan M 6,7 menghancurkan Kota Bam di Provinsi Kerman, menewaskan lebih dari 34.000 orang.

Pada Juli 2022, gempa berkekuatan M 6,1 melanda Provinsi Hormozgan di pesisir Teluk Persia, menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai lebih dari 80 orang. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles