19.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Peringatan HUT Dewa Seng Ong Kong, Polisi Beri Pengaman di Vihara Avalokitesvara Tebing Tinggi

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewa Seng Ong Kong  di Vihara Avalokitesvara atau dikenal juga sebagai Hong San See Temple mendapat pengawalan Polres Tebing Tinggi di kawasan Jalan Tengku Hasyim Gang Saudara Nomor 39 Kelurahan Bandar Sono Kecamatan Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, Minggu (22/9/24).

Kasi Humas Polres Tebing Tinggi, Iptu Masdulhak menuturkan kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang selalu dinantikan oleh umat Buddha di Tebing Tinggi sebagai perwujudan penghormatan kepada Dewa Seng Ong Kong (Dewa Pelindung Masyarakat).

“Peserta pawai terdiri dari berbagai kelompok, termasuk rombongan pertunjukan Barongsai yang dibina oleh Vihara Avalokitesvara, pertunjukan Jaran Kepang/Reog Ponorogo, rombongan sepeda onthel, serta masyarakat pejalan kaki,” ujarnya.

Baca juga : Polres Tebing Tinggi Siap Amankan Cabor Balap Sepeda PON XXI

Dijelaskannya, kegiatan peringatan perayaan tahun ini bertemakan “Mari Kita Mempererat Silaturahmi Antar Umat Beragama” menegaskan semangat kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Kota Tebing Tinggi.

“Kita dari Polres Tebing Tinggi melakukan pengamanan acara, terutama selama pawai arak arakan berlangsung, untuk memastikan kelancaran lalu lintas serta mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),” ujarnya.

Baca juga : Peringati HUT Polwan Ke 76, Polres Tebing Tinggi Bagikan Cokelat ke Pengendara Sepeda Motor

Pawai yang diiringi oleh pertunjukan Barongsai dan Reog Ponorogo ini dimulai dari depan Yayasan Perguruan Budhi Dharma di Jalan Veteran berlanjut melewati beberapa ruas jalan utama seperti Jalan Jend Sudirman, Jalan Iskandar Muda dan berakhir di Vihara Avalokitesvara.

“Tujuan dilaksanakan pengamanan adalah untuk mengantisipasi kemacetan serta mencegah tindak kejahatan seperti pencurian dan kekerasan selama berlangsungnya kegiatan,” pungkasnya. (nazli/hm18)

Related Articles

Latest Articles