19.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Lomba Kreasi PMR di Pematangsiantar, Ajang Asah Keterampilan Pelajar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Ratusan pelajar dari SMP dan SMA sederajat di Kota Pematangsiantar turut berpartisipasi dalam Lomba Kreasi Palang Merah Remaja (PMR) yang digelar di Lapangan Universitas Simalungun (USI), Minggu (22/9/24). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengasah keterampilan para anggota PMR dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan pertolongan pertama dan pengembangan kapasitas.

Panitia pelaksana, Abdul Rahman mengungkapkan bahwa lomba diikuti oleh 13 sekolah, terdiri dari 7 SMP dan 6 SMA sederajat. “Ada lima jenis perlombaan untuk masing-masing tingkatan, baik SMP maupun SMA,” ujarnya kepada mistar.id di lokasi acara.

Untuk tingkat SMA, lomba yang digelar meliputi Pertolongan Pertama (PP) dengan 11 tim peserta, Lomba Pasang Bongkar Tandu diikuti 9 tim, Lomba Pasang Bongkar Tenda diikuti 6 tim, Lomba Cerdas Cermat (CC) diikuti 7 tim, dan Lomba Pidato diikuti oleh 13 peserta.

Sementara itu, pada tingkat SMP, Lomba PP diikuti oleh 8 tim, Lomba Tandu diikuti 10 tim, Lomba Tenda diikuti 7 tim, Lomba Cerdas Cermat diikuti 5 tim, dan Lomba Pidato diikuti oleh 8 peserta.

Baca juga: Goes to School Himala Unimal Informasikan Beasiswa ke Pelajar SMA Langkat

Salah satu peserta dari MAN Pematangsiantar, Raisya, yang berpartisipasi dalam Lomba Tandu tingkat SMA, mengungkapkan kebahagiaannya mengikuti kegiatan ini.

“Ini pengalaman pertama, senang sekali, bisa menambah pengetahuan dan pengalaman,” ujar siswi kelas XI jurusan IPS tersebut. Rekan satu timnya, Keyla, menambahkan bahwa mereka telah berlatih selama dua minggu sebelum mengikuti lomba.

Sebelum lomba dimulai, seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua PMI Kota Pematangsiantar, Rajin S Saragih. Dalam sambutannya, Rajin menyatakan bahwa kegiatan Lomba Kreasi PMR, baik untuk tingkat Madya (SMP) maupun Wira (SMA), bertujuan untuk mengaplikasikan Tri Bakti PMR dan meningkatkan kapasitas anggota PMR.

“Lomba ini menjadi ajang pertemuan bagi anggota PMR untuk saling berbagi keterampilan dan mengevaluasi diri dalam suasana yang penuh kegembiraan, persahabatan, dan partisipasi,” ujar Rajin.

Baca juga: Momen May Day, Plt Wali Kota Siantar Ajak Pekerja Tingkatkan Keterampilan

Rajin juga berharap agar anggota PMR dapat memperkuat persahabatan dan persatuan, serta memotivasi mereka untuk menjadi kader PMI yang mampu melanjutkan misi PMI di tengah masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Rajin mengucapkan terima kasih kepada Rektor USI, Sarintan Damanik, serta KSR USI yang turut mendukung pelaksanaan lomba ini. “Harapan kami, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai yang kita harapkan,” tutupnya. (indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles