21.9 C
New York
Friday, September 27, 2024

BMKG: Mayoritas Kota Besar di Indonesia Diprediksi Hujan Ringan dan Berawan

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan mayoritas kota besar di Indonesia akan diguyur hujan berintensitas ringan dan berawan tebal pada hari ini, Minggu (22/9/24).

Prakirawati BMKG, Ida Pramuwardani, menyampaikan dalam laporannya bahwa hujan ringan dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam akan terjadi di sejumlah kota, antara lain Pekanbaru, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandung, Yogyakarta, Kupang, Gorontalo, Manado, Ternate, Sorong, Nabire, Ambon, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke. Suhu di kota-kota ini diperkirakan berkisar antara 24-31 derajat Celcius.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang atau curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam diprediksi turun di Palangka Raya, Makassar, Mamuju, dan Palu, dengan suhu yang berkisar 24-31 derajat Celcius.

Baca juga: BMKG Perkirakan Wilayah Ini Diterpa Puncak Musim Hujan di November-Desember 2024

Kota-kota seperti Jambi, Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda akan mengalami hujan disertai petir, dengan suhu berkisar 24-32 derajat Celcius. Sementara itu, Kota Medan diperkirakan akan diguyur hujan deras dengan curah hujan lebih dari 50 mm per jam dan suhu 24-31 derajat Celcius.

BMKG juga memprediksi cuaca cerah, berkabut, dan berawan tebal akan terjadi di beberapa kota seperti Mataram, Palembang, Denpasar, Banjarmasin, Kendari, Banda Aceh, Padang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Serang, Semarang, dan Surabaya, dengan suhu yang berkisar antara 25-31 derajat Celcius.

Dalam laporan tersebut, BMKG juga mengingatkan tentang angin konvergensi yang terpantau memanjang di Laut China Selatan, perairan utara Aceh, Sumatera Selatan bagian barat, hingga Samudra Hindia selatan Pulau Jawa, yang berpotensi menumbuhkan awan penghujan di wilayah tersebut.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Padangsidempuan, BMKG: Tak Ada Kaitannya dengan Megathrust

Daerah pertemuan angin juga terpantau di sekitar Laut China Selatan dan Samudra Pasifik utara Papua, yang diperkirakan mampu meningkatkan pertumbuhan awan penghujan di kawasan itu.

Angin permukaan di Indonesia umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 5-40 kilometer per jam.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir ROB (banjir akibat pasang air laut) yang diprediksi terjadi pada 22 September 2024 di beberapa wilayah pesisir, seperti Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Banten, dan Pesisir Kalimantan Timur. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles