23 C
New York
Monday, September 23, 2024

Pabrik Pengolahan Limbah Bulu Ayam Resahkan Warga, Timbulkan Bau Menyengat

Medan, MISTAR.ID

Diduga tidak memiliki izin, pabrik pengolahan limbah bulu ayam tetap beroperasi di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan. Sementara warga yang tinggal di sana protes karena menimbulkan bau menyengat dan juga menyebabkan polusi udara.

“Dulunya gudang itu tempat  pemotongan ikan dan menampung ikan-ikan busuk (ikan pasifik) dan sekarang sudah dijadikan tempat pengolahan limbah bulu ayam. Keberadaan pabrik pengolahan limbah bulu ayam itu  sangat meresahkan warga sekitar,” kata Y (53), warga setempat pada Sabtu (21/9/24)

Selain menimbulkan bau menyengat yang berasal dari cerobong asap dan menyebabkan  polusi udara, keberadaan pabrik itu berada di PPS Belawan bukan di kawasan industri. Selain masyarakat, keresahan juga dialami penyewa lahan yang tidak jauh lokasi pabrik tersebut.

“Semuanya pada resah karena aroma bau busuk yg tidak seperti biasanya. Kalau tidak salah pabrik ini berdiri sejak sebulan yang lalu. Infonya pabrik itu beroperasi 24 jam dan ada shift malam,” pungkas Yan.

Baca juga:Usai Disegel, Peralatan Pabrik Bulu Ayam Milik PT Apindo Berhilangan

Keberadaan pabrik pengolahan limbah bulu ayam itu kini dipertanyakan publik. Kenapa di wilayah Pelabuhan Sektor Perikanan bisa diperuntukan untuk pengolahan limbah bulu ayam.

“Apakah telah mendapat persetujuan dari pihak  PT Perikanan Indonesia (PT Perindo) Cabang Belawan selaku penyedia lahan maupun dari pihak PPS Belawan'” kata warga lainnya.

Sementara itu, Branch Manager PT Perikanan Indonesia ( Perindo) Cabang Belawan Sukses Situmorang membenarkan keberadaan pabrik pengolahan limbah bulu ayam tersebut. Bahkan pihaknya sudah menyurati pihak pabrik untuk menghentikan kegiatan dan menutup pabrik pengolahan limbah bulu ayam.

“Kita telah menyuratinya supaya pabriknya di tutup. Kita juga telah melarang aktivitasnya karena pabrik itu berada di kawasan perikanan. ” ucapnya singkat. (kamaluddin pasaribu/hm17)

Related Articles

Latest Articles