16.6 C
New York
Wednesday, September 25, 2024

Akibat Musim Hujan, Banyak Jalan Makin Rusak Parah di Tapteng

Tapteng, MISTAR.ID

Dampak musim hujan yang terus menerus beberapa waktu terakhir ini membuat beberapa badan jalan makin rusak parah di beberapa lokasi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Informasi dihimpun, pada Sabtu (21/9/24) beberapa lokasi badan jalan yang makin rusak parah berada di Kelurahan Sibuluan Nauli hingga Sibuluan Indah, Kecamatan Pandan, persisnya di Jalan Abdul Rajab Simatupang.

Akibat rusak parahnya badan jalan tersebut, sering membuat pengendara, khususnya sepeda motor terperosok dan kecelakaan. Terlihat yang paling parah di dekat Perumahan Matahari, di depan Perumahan Pelangi dan beberapa lokasi lainnya. Di sepanjang jalan nampak seperti kubangan kerbau.

Baca juga:Kondisi Jalan Rusak di Batu Jomba Tapsel Dibahas Komisi V DPR RI ke Menteri PUPR

“Sebenarnya badan jalan ini sudah lama rusak. Ditambah lagi karena musim hujan beberapa waktu lalu hingga kini membuat badan jalan semakin parah,” keluh R Pasaribu yang setiap hari harus melintasi jalan tersebut.

Pria yang mengaku berdomisili di salahsatu perumahan di kawasan Jalan Abdul Rajab Simatupang ini mengeluhkan kurangnya perhatian dari pihak Pemkab Tapteng untuk serius memperbaiki jalan itu.

“Selain ke dua parit yang tak terurus di sisi badan jalan, membuat air sering tergenang. Sehingga membuat badan jalan makin parah,” ujar Pasaribu.

Lokasi lainnya di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik. Persis di depan pemancar RRI Sibolga, terdapat 2 badan jalan yang berlobang lumayan dalam. Nyaris tak ada lagi jalan berupa aspal, hanya tinggal bebatuan dan pasir.

Baca juga:Jalan Rusak Meresahkan, Sejumlah Warga Belawan Gelar Aksi

“Padahal, jalan ini sangat dibutuhkan penggunaan jalan. Selain menjadi akses jalan menuju beberapa tangkahan ikan dan industri perikanan laut, juga terdapat potensi lokasi wisata yang lagi banyak dikunjungi para wisatawan. Bahkan lokasi Pondok Batu ini termasuk penyumbang pajak terbesar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tapteng,” jelas J Hutabarat warga sekitar yang mengaku wirausaha di sektor perikanan laut.

Berdasarkan penelusuran mistar.id di beberapa lokasi di Tapteng, kerusakan badan jalan yang makin parah adalah di Jalan Pesantren dan Jalan Budi Luhur, Kecamatan Pandan.

Sejumlah warga Tapteng berharap agar pihak pemerintah segera memperbaiki infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat tersebut.

“Karena makin rusaknya badan jalan ini, selain menyebabkan lalu lintas (lalin) kurang lancar, juga membuat kendaraan cepat rusak dan potensi kecelakaan semakin meningkat,” ucap R Panggabean warga Kelurahan Sitio Tio, Kecamatan Pandan. (poltak/hm16)

Related Articles

Latest Articles