19.2 C
New York
Thursday, September 26, 2024

Komunitas Sepeda Sebut Simalungun Salah Satu Jalur Lintasan Terbaik

Simalungun, MISTAR.ID

Kabupaten Simalungun dikenal dengan alamnya yang asri dan sejuk. Hal itu membuat banyak komunitas pecinta olahraga sepeda, memilih Simalungun menjadi lokasi untuk gowes.

Komunitas sepeda di Kota Pematangsiantar Sahabat Goes Siantar (SGS), menganggap bahwa trek di Simalungun sangat baik, karena memiliki jalan dan lintasan yang cukup panjang. Selain itu, sepanjang lintasan pesepeda juga akan disuguhi alam yang masih asri.

Selain pemandangan, kontur lintasan yang menanjak dan menurun, menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Hal itu juga menjadi alasan pesepeda lebih memilih ke Simalungun, dari pada berputar-putar di wilayah Kota Siantar.

“Kalau kita memang lebih memilih main di Simalungun, treknya panjang menantang, dan alamnya juga indah,” ucap Anggota Sahabat Goes Siantar, M Asrul saat ditemui Mistar.id di Areal Perkebunan Teh Sidamanik, Sabtu (21/9/24).

Komunitas SGS sendiri sering melakukan perjalanan dari Siantar menuju Sidamanik, Simarjarunjung, Aek Nauli dan juga lintas Parapat. Jika ingin menikmati sensasi lebih, mereka memilih jalur trabas yang terletak di Perkebunan Eukaliptus milik PT TPL.

Baca Juga : Ratusan Masyarakat Asahan Bersepeda Santai Meriahkan HUT RI ke 78

Selain untuk menyalurkan hobi bersepeda, komunitas ini dikatakan Asrul, adalah wadah untuk menerapkan hidup sehat. Mereka percaya bersepeda dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, menjaga kesehatan jantung, merawat persendian, hingga membakar kalori secara cepat dan sehat.

“Selain menyalurkan hobi, kita juga ini memperkuat kekompakan antar angota, dan juga menjaga kesehatan tubuh kita,” ucapnya.

Asrul yang asli warga Siantar sebenarnya berharap ada trek atau jalur khusus pesepeda di Kota Pematangsiantar, namun hal itu menurutnya hanya angan-angan, karena melihat kondisi Siantar yang begitu-begitu saja.

Dirinya mengungkapkan, bahwa sebagian besar pencinta sepeda atau komunitas sepeda di Siantar, lebih memilih gowes ke daerah Simalungun. “Di Simalungun kita enak, hobi tersalur, sehat dapat dan bonus pemandangan indah,” ungkapnya.

Asrul sebagai orang yang hobi bersepeda berharap Pemerintah Kota Pematangsiantar, bisa memanfaatkan event balap sepeda PON, menjadi momentum untuk memperhatikan olahraga sepeda di Kota Siantar. (roland/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles