18.1 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Sejarah! Sumut Juara Umum Boling PON XXI Aceh-Sumut 2024

Deli Serdang, MISTAR.ID

Sumatera Utara (Sumut) berhasil menjadi juara umum pada cabang olahraga (Cabor) Boling setelah meraih medali emas terbanyak pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Sumut berhasil membawa pulang 4 medali emas melalui nomor pertandingan Master Putri, All Event Putri, Double Putri dan Team 4 Putra. mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Barat dengan torehan 3 emas.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, John Ismadi Lubis bangga dengan torehan prestasi para atlet sekaligus berhasil menjadi juara umum Cabor Boling.

Baca juga:PON XXI: Peboling Double Putra Sumut Raih Perak Usai Kalah dengan Jatim

“Tentunya kita bangga ya, atlet-atlet Sumut menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan. Kedepannya kita bisa mempertahankan juara umum ini pada event-event yang akan datang,” ucapnya kepada mistar.id, saat ditemui di GOR Bowling Hj Rayati Syafrin Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Rabu (11/9/24).

“Saya bangga juga bahwa Boling menjadi Cabor keempat yang menjadi juara umum setelah didahului oleh Barongsai, Dansa dan Drumband,” sambungnya.

Dengan prestasi tersebut, menurut John tak lepas berkat sarana prasarana yang mumpuni dan sudah terbuktikan.

“Kita harapkan dengan ada sarana prasarana ini, mereka (atlet) menggunakannya dengan maksimal, supaya mereka bisa membuat Indonesia jadi juara umum pada Sea Games yang akan datang,” ujarnya.

Tak memenuhi target 5 medali emas yang diberikan oleh KONI, Bendahara Persatuan Boling Indonesia (PBI) Sumut, Jonathan Sergio Goenawan mengatakan jika para atlet sudah berjuang.

Baca juga:PB Boling Persiapkan Diri Tatap SEA Games 2025

“Kita sudah berjuang selama dua tahun terakhir untuk mempersiapkan PON dan perjalanan ini tidak mudah. Kami hanya sanggup memberikan empat emas saja,” ungkapnya.

Walaupun target tak tercapai, Sergio puas dengan hasil Sumut menjadi juara umum boling. “Kita termasuk mencetak sejarah dan ini pertama kalinya pernah terjadi boling Sumut menjadi juara umum. Di akhir event ini kita masih menjadi satu tim yang sangat-sangat solid,” tuturnya.

Terlepas menjadi juara umum, Pelatih Boling Sumut Edy juga merasakan bahagia bahwa seluruh atletnya mendapatkan medali.

“Nah yang paling membuat kami bahagia dimana semua atlet itu dapat medali. Nah itu yang buat kami puas dan kemudian ya kita juara umum,” pungkasnya. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles