17.8 C
New York
Wednesday, September 25, 2024

Berkas Administrasi Bapaslon Gubernur Sumut Memenuhi Syarat, Berikut Tahapan Selanjutnya

Medan, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan hasil penelitian persyaratan berkas administrasi dua bakal pasangan calon (bapaslon) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024 telah memenuhi syarat.

Komisioner KPU Sumut Divisi SDM dan Litbang, Robby Effendy membenarkan bahwa pihaknya telah selesai melakukan penelitian berkas pasangan Bobby Nasution-Surya dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.

“Ya, sudah selesai dan berkas kedua pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumut dinyatakan lengkap,” ujarnya, Kamis (19/9/24).

Robby mengatakan hasil penelitian berkas terhadap dua bapaslon Pilgubsu Bobby Nasution-Surya dan Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala telah diserahkan kepada masing-masing perwakilan bapaslon.

Baca juga: Pilkada Labura, Bapaslon Rizal-Darno Jalani Cek Kesehatan

Kemudian Robby menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya KPU Sumut telah membuka masa tanggapan masyarakat selama tiga hari pada 15 September hingga 18 September 2024.

“Setelah menerima masukan masyarakat, KPU Sumut akan melakukan klarifikasi terhadap masukan tersebut dan berakhir pada 21 September nanti,” sebutnya.

Selanjutnya, penetapan calon akan dilakukan pada 21-22 September. Setelah itu pada 23 September KPU akan mengundi nomor urut bapaslon.

Dan sesuai jadwal KPU, tahapan masa kampanye dimulai pada 25 September 2024 usai pengundian nomor urut. Kemudian puncaknya pada 27 November dilaksanakan pemungutan suara secara serentak. (maulana/hm25)

Related Articles

Latest Articles